Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Muhammadiyah Lebaran Duluan, 3.000 Jemaah Salat Id di Masjid Raya Al-Isra

Bisnis.com, JAKARTA Sekitar 3.000 jemaah melakukan salat Idulfitri 1444 H hari ini di Masjid Raya Al-Isra, Tanjung Duren, Jakarta Barat, Jumat (21/4/2023).
Muhammadiyah Lebaran Duluan, 3.000 Jemaah Salat Id di Masjid Raya Al-Isra. Ribuan jemaah salat Id di Masjid Raya Al-Isra, Tanjung Duren Jakbar / BISNIS - Dany Saputra
Muhammadiyah Lebaran Duluan, 3.000 Jemaah Salat Id di Masjid Raya Al-Isra. Ribuan jemaah salat Id di Masjid Raya Al-Isra, Tanjung Duren Jakbar / BISNIS - Dany Saputra

Bisnis.com, JAKARTA – Sekitar 3.000 jemaah melakukan salat Idulfitri 1444 H hari ini di Masjid Raya Al-Isra, Tanjung Duren, Jakarta Barat, Jumat (21/4/2023).

Masjid di bawah naungan Pimpinan Cabang Muhammadiyah Tanjung Duren itu menjadi salah satu masjid yang mengadakan salat Idulfitri hari ini. Masjid tersebut mengacu pada penetapan Lebaran 2023 dari Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah.

Sebanyak 3.000 jemaah salat di masjid itu terbagi di dua ruangan dalam lantai 2, ruangan dalam lantai 1, serta teras bawah masjid. Jemaah paling banyak menempati ruangan dalam di lantai 2.

"3.000 jamaah total yang hari ini salat. Di ruang utama 1.000 [jemaah], yang di belakang 1.000 juga," terang Kabiro Rumah Tangga Masjid Raya Al-Isra Susanto usai khotbah salat Idulfitri, Jumat (21/4/2023).

Namun demikian, kapasitas masjid tersebut diklaim lebih besar dari jemaah yang datang pagi ini. Susanto mengeklaim bahwa masjid bisa menampung hingga 4.000 jemaah.

Dia juga mengatakan bahwa jemaah yang datang menunaikan ibadah aalat Idulfitri hari ini tidak hanya warga Kecamatan Tanjung Duren saja. Mereka datang dari berbagai kecamatan di sekitarnya.

"Mereka sempat datang saat takbiran kemarin malam. Mereka tanya jadi sala Idulfitri besok [hari ini] atau tidak. Selain Tanjung Duren, jemaah dari Kedoya, Kebon Jeruk, dan Duri Kepa," tutur Susanto. 

Berdasarkan pantauan Bisnis, jemaah salat Idulfitri sudah memenuhi ruangan dalam dan teras masjid sejak sekitar pukul 06.30 WIB. Kemudian, salat Idulfitri dua rakaat dimulai sekitar pukul 07.00 WIB. Khutbah salat Idulfitri lalu selesai pada sekitar pukul 07.45 WIB.

Dari area luar masjid, terlihat kendaraan pribadi dari jemaah terparkir di pinggir jalan. Sejumlah petugas dan remaja masjid ikut mengawal jalannya rangkaian ibadah salat hingga akhir ceramah khatib.

Adapun salat Idulfitri 1444 H di Masjid Al-Isra tahun ini dipimpin oleh imam Ust. Rosidin. Sementara itu, khotbah diisi oleh Dr. KH. Nurhadi Matsani.

Untuk diketahui, PP Muhammadiyah telah menetapkan bahwa Idulfitri 1 Syawal 1444 H jatuh pada hari ini, Jumat (21/4/2023). Penetapan tersebut termuat dalam maklumat PP Muhammadiyah yang disampaikan oleh Sekretaris PP Muhammadiyah, Muhammad Sayuti di acara Konferensi Pers Maklumat PP Muhammadiyah “Penetapan Hasil Hisab Ramadan, Syawal, Zulhijjah 1444 H di kantor PP Muhammadiyah Jl. Cik Ditiro, No. 23, Yogyakarta, beberapa waktu lalu.

Menyambut hari besar tersebut Pimpinan Muhammadiyah di seluruh DKI Jakarta telah mempersiapkan lokasi penyelenggaraan jamaah salat idul fitri di berbagai tempat. Beberapa di antaranya yakni Masjid Al-Isra dan kantor pusat PP Muhammadiyah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dany Saputra
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper