Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemandangan Langka, Stasiun Manggarai Mulai Sepi pada H-2 Lebaran

Kondisi stasiun Manggarai pada H-2 Lebaran mulai sepi dan tidak seramai hari biasa.
Sejumlah penumpang kereta rel listrik (KRL) berada di stasiun Manggarai, Jakarta, Senin (20/6/2022). Bisnis/Arief Hermawan P
Sejumlah penumpang kereta rel listrik (KRL) berada di stasiun Manggarai, Jakarta, Senin (20/6/2022). Bisnis/Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA - Stasiun Manggarai, Jakarta pada siang ini terlihat relatif sepi dan tak seramai dan sepadat biasanya. Pasukan Brimob bersenjata pun mulai menyisir stasiun tersebut.

Bahkan, tidak ada penumpukan calon penumpang menjelang Hari Raya Idulfitri 1444 H. 

Dalam pantauan Bisnis, terlihat puluhan penumpang KRL lintas Bogor, Bekasi, Tangerang, dan Jakarta menunggu jadwal perjalanan kereta di tengah situasi stasiun yang lengang tanpa dengan santai dan tidak terburu-buru. 

Di peron, para pemudik tampak sibuk dengan kegiatannya masing-masing. Berdasarkan pantauan sejak pukul 12.00 WIB, tempat duduk di area tunggu nyaris semuanya terisi.

Masing-masing pemudik tampak membawa setidaknya satu koper kecil atau tas ransel berukuran besar.

Dari segi volume keseluruhan, jumlah pengguna KRL pada masa libur Lebaran ini masih berada separuh di bawah volume pada hari-hari kerja yang mencapai sekitar 270.000 pengguna.

Kepala Stasiun Manggarai Widy Aries Subiyanto mengakui jumlah calon penumpang kereta cenderung melandai. Tanpa menyebutkan berapa persen penurunan, Widy menganggap hal tersebut sudah biasa terjadi.

“KRL kan hanya menjadi transit para pekerja. Sedangkan, musim liburan ini banyak pekerja yang pulang kampung,” ungkapnya. 

Hal itu dibenarkan pemudik asal Bogor bernama Restu Adi. Dirinya menyebut, sejumlah penumpang yang datang memang hanya transit dan penyebab sepinya pun, karena terdapat imbauan untuk pulang kampung lebih awal.

“Saya bareng sama orang tua kesini. Dibanding biasanya ini sangat lengang. Bahkan, sama penumpang lain kami sempat ngobrol,” ujarnya.  

Terbukti, para penumpang yang berpindah dari peron 7 dan 8 menuju lantai 2 untuk transit ke peron 11 dan 12. Tidak terlihat ada kerumunan yang padat dan antrian yang mengular.

Ungkapannya pun senada Andini, penumpang KRL lain, dirinya mengatakan kondisi ini bisa dibilang sangat langka, di mana hanya bisa terjadi setahun sekali.

"Terasa sekali ya perbedaan kepadatan jalannya. Ini patut disyukuri sih," ucap wanita berusia 23 tahun yang sedang menunggu kereta Bogor.

 

Anggota Brimob Pantau Stasiun Manggarai 

Pasukan Brimob Polri telah disiagakan di sekitar stasiun antara Jakarta dan Bogor ini. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang KRL akan terjadi mulai Jumat (21/4/2023)

“Kami mendapat arahan PT KAI untuk memantau dari Kamis (20/4) hingga Senin (1/5). Aksi pencopetan harus kita waspadai,” ujar salah satu anggota Brimob. 

Langkah ini menjadi antisipasi Polri dan PT KAI untuk menertibkan calon penumpang. Ada empat anggota Brimob yang nantinya ditugasi selama periode libur Lebaran 2023.  

Menurutnya, lonjakan arus balik diprediksi akan terjadi pada esok hari, di mana, calon penumpang akan berpergian ke arah stasiun Bogor untuk menemui sanak keluarga. 

“Sepertinya besok akan padat, apalagi hari Lebaran,” kata sang anggota Brimob. 

Di sisi lain, kabar terbaru soal Manggarai disampaikan oleh Kepala Stasiun Manggarai Widy Aries Subiyanto, di mana kini pihaknya telah memberikan tanda atau rambu tambahan bagi para pengguna layanan transportasi umum Kereta Rel Listrik. 

“Baru tadi pagi pukul 09.000 WIB kami menambah tanda "SF" di jalur 6,7,8” katanya saat ditemu Bisnis, Kamis (20/4/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper