Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Polandia akan Memasok Lebih Banyak Jet Tempur MiG-29 ke Ukraina

Polanda akan memasok lebih banyak jet temput MiG-29 ke Ukraina untuk melawan Rusia.
Jet tempur MIG-29 Angkatan Udara Polandia./Bloomberg
Jet tempur MIG-29 Angkatan Udara Polandia./Bloomberg

Bisnisc.om, JAKARTA - Perdana Menteri Polandia Mateusz Morawiecki mengkonfirmasi bahwa Polandia akan memasok lebih banyak jet tempur MiG-29 ke Ukraina.

Menurut  laporan Polish Press Agency dikutip dari Kyiv Independent, Morawiecki mengatakan satu gelombang lagi pesawat tempur era Soviet akan menuju ke Ukraina.

Alasan Morawiecki mengirim MiG-29 itu karena  militer Polandia tidak lagi membutuhkan MiG-29 mengingat mereka memiliki pesawat modern dan juga mengharapkan pengiriman jet F-35 buatan AS di tahun-tahun mendatang.

Pemerintah Jerman menyetujui permintaan Polandia untuk ekspor jet tempur MiG-29 buatan Soviet dari stok Jerman Timur ke Ukraina.

Penasihat keamanan presiden Polandia, Jacek Siewiera, mengatakan Polandia masih memiliki sekitar selusin MiG-29 yang dibeli Polandia dari Jerman 21 tahun lalu.

Polandia sebelumnya menjanjikan sebanyak 14 unit  MiG-29  akan dikirim Ukraina. Empat di antaranya telah dikirim ke Ukraina.

Slovakia juga mengirimkan empat pesawat tempur MiG-29 pada 23 Maret 2023. Pemerintah telah menyetujui untuk memberi Ukraina total 13 MiG-29.

Yurii Ihnat, juru bicara Angkatan Udara Ukraina, sebelumnya mengatakan bahwa transfer MiG-29 merupakan bantuan besar tetapi “tidak mungkin menjadi game-changer di garis depan.”

Ukraina berkampanye untuk menerima jet Barat yang lebih canggih, seperti F-16 buatan AS.

Jet tempur seperti itu diperlukan untuk mendukung operasi ofensif dan bertahan melawan rudal Rusia dan serangan bom terpandu.

Sejauh ini, tidak ada negara yang menjanjikan jet seperti seperti itu, meskipun beberapa sekutu Ukraina tidak mengesampingkan langkah tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rendi Mahendra
Editor : Rendi Mahendra
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper