Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wagner Ngamuk! Rudal Rusia Bikin 450 Prajurit Ukraina Tewas di Bakhmut

Serangan rudal dan artileri Rusia menewaskan 450 prajurit Ukraina di Bakhmut.
Sebuah kendaraan militer lapis baja melaju melalui Chasiv Yar selama pertempuran sengit di garis depan Bakhmut dan Chasiv Yar, Ukraina, 9 April 2023. REUTERS/Kai Pfaffenbach
Sebuah kendaraan militer lapis baja melaju melalui Chasiv Yar selama pertempuran sengit di garis depan Bakhmut dan Chasiv Yar, Ukraina, 9 April 2023. REUTERS/Kai Pfaffenbach

Bisnis.com, JAKARTA – Pasukan Rusia terus menghujani posisi militer Ukraina di kota Bakhmut dengan serangan artileri dan rudal sepanjang hari ini.

Selama 24 jam terakhir, jet-jet tempur Rusia tercatat telah melakukan 11 kali serangan dan 48 misi tembakan yang diselesaikan oleh pasukan rudal dan artileri.

Kementerian Pertahanan (Kemhan) Rusia menyatakan tengah memfokuskan pertempuran di wilayah kota Artemovsk (Bahkhmut), Donestk.

Detasemen penyerangan "Wagner" terus bertempur untuk merebut kawasan di bagian tengah Bahkmut. Mereka juga berhasil mendorong musuh ke pinggiran barat pemukiman. Serangan tentara bayaran Rusia itu memperoleh dukungan dari unit-unit Pasukan Lintas Udara Rusia.

“Kerugian per hari berjumlah lebih dari 450 prajurit dan tentara bayaran Ukraina, 3 tank, 3 kendaraan tempur infanteri, 6 kendaraan tempur lapis baja, 6 kendaraan, howitzer D-20 dan MSTA-B, serta dua stasiun radar untuk pertempuran kontra-baterai AN / TPQ-50 buatan USA,” tulis laporan pihak Rusia, Selasa (11/4/2023).

Sementara itu, di arah Kupyansk, serangan udara dan tembakan artileri kelompok pasukan "Barat" menewaskan 30 prajurit Ukraina dan menghancurkan tiga tank, dua mobil, serta dudukan artileri self-propelled Krab buatan Polandia.

Di arah Krasno-Limansky, serangan pesawat serang, tembakan artileri, dan operasi aktif unit kelompok pasukan "Pusat" menimbulkan kerugian sebanyak 90 prajurit Ukraina, tiga kendaraan tempur lapis baja, truk pikap, dan howitzer D-30.

Adapun serangan dari arah Donetsk Selatan dan Zaporizhia menewaskan 30 prajurit Ukraina, satu truk pikap, howitzer MSTA-B, dan dudukan artileri self-propelled Akatsiya. Di arah Kherson, hingga 10 prajurit Ukraina tewas termasuk dua mobil, dua dudukan artileri self-propelled Gvozdika, howitzer D-30, dan kendaraan tempur Grad MLRS dihancurkan.

Rusia juga melaporkan bahwa penerbangan operasional-taktis, pasukan rudal, dan artileri kelompok pasukan (pasukan) Angkatan Bersenjata Federasi Rusia mengalahkan 74 unit artileri Ukraina pada posisi dan peralatan di 97 distrik.

Di area pemukiman Mirolyubovka, wilayah Zaporozhye, radar penargetan sistem rudal anti-pesawat S-300 Ukraina dihancurkan. Rusia juga berhasil menghancurkan depot amunisi artileri Ukraina di dekat pemukiman Ocheretino di Donetsk. Sebuah stasiun radar kontra-baterai AN/TPQ-50 buatan AS hancur di area pemukiman Dyleevka Donetsk.

Sementara itu, sistem pertahanan udara Rusia mencegat 4 peluncur roket ganda HIMARS dan satu peluru kendali GLSDB pada siang hari. Selain itu, 9 kendaraan udara tak berawak Ukraina dihancurkan di area pemukiman Maryinka, Vesele, Yelenovka dari Donetsk, Marinskoe, Novaya Mayachka di wilayah Kherson.

Sejak awal operasi militer khusus Rusia mengklaim telah menghancurkan 406 pesawat, 228 helikopter, 3.736 kendaraan udara tak berawak, 415 sistem rudal antipesawat, 8.626 tank dan kendaraan tempur lapis baja lainnya, 1.079 kendaraan sistem peluncuran roket, 4.563 lapangan senjata artileri dan mortir, serta 9.426 unit kendaraan militer khusus militer Ukraina.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Edi Suwiknyo
Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper