Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hidayat Nur Wahid Bicara Peluang Sandiaga dan Mahfud untuk Jadi Cawapres Anies

Hidayat Nur Wahid bicara tentang peluang Sandiaga dan Mahfud untuk menjadi bakal calon wakil presiden (cawapres) Anies Baswedan.
Hidayat Nur Wahid-JIBI/Samdysara Saragih
Hidayat Nur Wahid-JIBI/Samdysara Saragih

Bisnis.com, JAKARTA - Wakil Ketua Majelis Syura Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Hidayat Nur Wahid alias HNW bicara tentang peluang Sandiaga Uno dan Mahfud MD untuk menjadi bakal calon wakil presiden (cawapres) Anies Baswedan.

HNW menyadari belakangan ada rekomendasi untuk memasangkan Anies dengan cawapres alternatif seperti Mahfud dan Sandi. Meski begitu, sesuai kesepakatan Koalisi Perubahan (PKS, NasDem, Demokrat) pada piagam kerja sama, penentuan cawapres sepenuhnya diserahkan kepada Anies.

Dalam piagam itu, ketiga partai memang sepakat mengusung Anies sebagai capres pada Pilpres 2024. Oleh sebab itu, HNW mendorong setiap tokoh yang berminat menjadi cawapres usungan Koalisi Perubahan agar mendekati Anies.

"Kami sudah mempunyai piagam, menyerahkan kepada Pak Anies untuk menentukan [cawapres], dan nanti kami akan bahas bersama. Jadi kalau berdua [Mahfud dan Sandi] berminat, ya silakan berbicara kepada Pak Anies," ungkap HNW di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Senin (10/4/2023).

Oleh karena itu, dia menyarankan agar Sandiaga berbicara dengan Anies, jika berminat menjadi bakal cawapres.

Untuk sosok Mahfud, dia merasa menteri coordinator bidang politik, hukum, dan HAM itu memiliki persamaan dengan Anies. Keduanya  berlatar belakang akademisi. Selain itu, Anies dan Mahfud juga sosok yang terkenal dengan sikap anti-korupsi.

"Anies sebelum menjadi gubernur [DKI Jakarta], dijadikan ikon oleh KPK terkait pemberantasan korupsi, dan sekarang justru publik mengapresasi Pak Mahfud berani berbicara tentang Rp349 triliun transaksi mencurigakan di Kemenkeu," ujarnya.

Sedangkan Sandi, HNW merasa kemungkinannya kecil, meski keduanya pernah berpasangan di DKI Jakarta namun pada akhirnya Sandi meninggalkan Anies di tengah jalan untuk maju sebagai cawapres pada Pilpres 2019.

"Kalau perkiraan saya, kalaupun ada [kemungkinan], kecil ya karena kemarin Pak Sandi sudah meninggalkan Pak Anies jadi calon wakil presiden," jelas HNW.

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper