Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Presiden Jokowi Beri Tiga Arahan kepada Menpora Baru, Apa Saja?

Presiden Jokowi ingin di agenda event SEA Games dan Asian Games kita memprioritaskan cabor-cabor yang memiliki potensi medali.
Dito Ariotedjo dilantik menjadi Menpora / Lukas - Biro Pers Sekretariat Presiden
Dito Ariotedjo dilantik menjadi Menpora / Lukas - Biro Pers Sekretariat Presiden

Bisnis.com, JAKARTA — Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan tiga arahan kepada Ario Bimo Nandito Ariotedjo atau Dito Ariotedjo selaku Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) yang baru dilantik di Istana Negara, Jakarta, Senin (3/4/2023). 

Dito menyebut bahwa Kepala Negara memberi arahan pertamanya adalah agar dirinya dapat menyiapkan tim Indonesia pada ajang olahraga SEA Games dan Asian Games dengan efisien.

"Ada tiga poin dari Pak Presiden, yang satu Pak Presiden ingin di agenda event SEA Games dan Asian Games kita memprioritaskan cabor-cabor yang memiliki potensi medali. Jadi harus efisien, tetapi kita mendapatkan hasil medali yang terbaik," ujar Dito kepada wartawan usai pelantikan, Senin (3/4/2023).

Kedua, dia melanjutkan Presiden RI Ke-7 itu ingin agar liga-liga olahraga secara masif digalakkan di level pendidikan sekolah dan kuliah.

“Juga untuk rakyat kami [Kemenpora] diminta untuk menggalakkan liga antarkampung. Ketiga, Pak Presiden sangat peduli dan ingin ekosistem sport industry Indonesia ini makin maju dan makin established," lanjutnya.

Dia melanjiutkan untuk sektor kepemudaan, Presiden asal Surakarta itu ingin agar pengembangan pemuda diarahkan ke kewirausahaan dan profesionalitas dengan capaian indeks pembangunan pemuda yang naik. 

Selain itu, Dito mengatakan bahwa pihaknya akan segera menyiapkan pelaksanaan ajang-ajang olahraga internasional. Ajang tersebut antara lain Piala Dunia Bola Basket FIBA 2023 di Jakarta dan World Beach Games di Bali.

"Ke depan kan ada tujuh event internasional, salah satunya Indonesia tuan rumah di bola basket dan World Beach Games. Pasti apa yang sudah dimulai tentunya otomatis akan kita teruskan dan juga maksimalkan pelaksanaannya," jelasnya.

Dito juga memastikan bahwa dia akan segera berkomunikasi dengan berbagai pemangku kepentingan terkait World Beach Games di Bali agar pelaksanaannya bisa berjalan dengan lancar. 

Tak hanya itu, dia mengaku juga sepakat dengan Jokowi bahwa olahraga dan politik tidak boleh dicampur adukkan.

"Ya dengan melihat pengalaman kemarin U-20 (penolakan) Israel, pasti per hari ini saya akan coba bicara ke seluruh stakeholder yang ada. Semoga kita bisa memastikan kelancaran jalannya dan juga menimbulkan titik temu. Saya sesuai dengan apa yang sudah dibicarakan Pak Presiden bahwa harus dipisahkan kedua hal itu [politik dan olahraga], walaupun hal ini adalah sesuatu kompleksitasnya tinggi, tapi memang kita akan usahakan yang terbaik," tandas Dito.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper