Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

China Resmi Jalin Hubungan Diplomatik dengan Honduras

China telah secara resmi menjalin hubungan diplomatik dengan Honduras setelah menandatangani komunike. 
Ilustrasi bendera China dan Taiwan./Reuters
Ilustrasi bendera China dan Taiwan./Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah China kini telah secara resmi menjalin hubungan diplomatik dengan Honduras. Kabar tersebut dilaporkan oleh Central Television China, pada Minggu (26/3/2023). 

Menteri Luar Negeri China Qin Gang dan Menteri Luar Negeri Honduras Eduardo Enrique Reina menandatangani komunike bersama di Beijing tentang pembentukan hubungan diplomatik di tingkat duta besar, seperti dilansir dari TASS, Minggu (26/3/2023). 

"Pemerintah kedua negara sepakat untuk mengembangkan hubungan persahabatan berdasarkan prinsip saling menghormati kedaulatan dan integritas wilayah, saling tidak menyerang, tidak mencampuri urusan dalam negeri satu sama lain, kesetaraan, saling menguntungkan, dan hidup berdampingan secara damai," tulis dokumen tersebut. 

Pemerintah Honduras juga mengakui prinsip satu China, yang menyatakan bahwa Taiwan merupakan bagian wilayah dari China.

Melansir Reuters, Menteri Luar Negeri Taiwan Joseph Wu juga telah mengumumkan keputusan negaranya untuk memutus hubungan diplomatik dengan Honduras. 

Selain itu juga pihaknya akan menutup kedutaan Taiwan di negara itu sebagai tanggapan atas langkah serupa yang dilakukan Honduras.

Menurutnya, Honduras telah meminta sejumlah besar uang, dan diplomat itu juga mencatat bahwa duta besar Taiwan telah kembali dari Honduras ke Taipei.

Sebelumnya, Kementerian Luar Negeri Honduras mengumumkan pemutusan hubungan diplomatik dengan Taiwan. Honduras menekankan bahwa pemerintahnya yang sekarang mengakui Taiwan sebagai bagian dari China, pada Sabtu (25/3/2023). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Erta Darwati
Editor : Edi Suwiknyo

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper