Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ketua DPR AS dan Presiden Taiwan Segera Bertemu, Reaksi China?

Ketua DPR AS Kevin McCarthy berencana bertemu dengan Presiden Taiwan Tsai Ing-wen.
Ketua DPR Amerika Serikat Kevin McCarthy/Bloomberg
Ketua DPR Amerika Serikat Kevin McCarthy/Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Ketua DPR Amerika Serikat (AS) Kevin McCarthy berencana bertemu dengan Presiden Taiwan Tsai Ing-wen di AS dalam beberapa pekan mendatang.

Melansir Channel News Asia, Selasa (7/3/2023),  pertemuan yang berlangsung di AS itu merupakan solusi untuk menggantikan perjalanan ke Taiwan. Pasalnya, perjalanan ke Taiwan dianggap sensitif, seperti kunjungan eks Ketua DPR AS Nancy Pelosi pada tahun 2022, yang menimbulkan kemarahan di pihak China.

Tsai telah diundang untuk berbicara di Perpustakaan Kepresidenan Ronald Reagan selama transit melalui California dalam rencana kunjungan ke Amerika Tengah, dan McCarthy kemungkinan besar akan bertemu dengannya di AS.

Seorang sumber mengatakan jika pertemuan di AS dilanjutkan - kemungkinan pada bulan April - tidak menutup kemungkinan McCarthy mengunjungi Taiwan pada masa mendatang.

Kantor McCarthy tidak segera menanggapi pertanyaan Reuters tentang masalah tersebut, termasuk apakah pertemuan yang direncanakan itu merupakan upaya untuk menghindari peningkatan ketegangan dengan China, yang marah atas kunjungan Pelosi ke Taiwan pada Agustus.

McCarthy menolak untuk menjawab apakah dia akan mengunjungi Taiwan.

Empat sumber - termasuk pejabat AS dan orang-orang yang mengetahui pemikiran pemerintah AS dan Taiwan - mengatakan kedua belah pihak sangat tidak nyaman bahwa kunjungan McCarthy pada masa depan akan sangat meningkatkan ketegangan di Selat Taiwan pada saat pulau itu sedang mempersiapkan pemilihan presiden awal tahun depan.

Perpustakaan Reagan dan Kedutaan Besar China di Washington tidak berkomentar atas rencana pertemuan McCarthy dan Tsai.

Kedutaan Taiwan di Washington mengatakan tidak memiliki informasi tentang pertemuan itu.

"Secara umum, pengaturan kunjungan Presiden Tsai ke sekutu diplomatik Taiwan dan transit melalui Amerika Serikat dilakukan sejalan dengan praktik biasa," katanya kepada Reuters.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nancy Junita
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper