Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Respons PAN Soal Kemungkinan Duetkan Ganjar dan Erick Thohir

P Amanat Nasional (PAN) menyatakan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Menteri BUMN Erick Thohir adalah dua tokoh yang dekat dengan pihaknya.
Viva Yoga Mauladi /twitter
Viva Yoga Mauladi /twitter

Bisnis.com, JAKARTA – Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Viva Yoga Mauladi menyatakan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Menteri BUMN Erick Thohir adalah dua tokoh yang dekat dengan partainya.

Yoga menjelaskan, Erick Thohir dan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan alias Zulhas sudah seperti saudara. Memang, Erick dalam beberapa kesempatan terlihat menghadiri acara yang digelar PAN.

“Mas Erick Thohir menteri BUMN itu dari dulu dekat dengan PAN, dan seperti saudara sendiri dengan bang Zulkifli Hasan Ketua Umum PAN,” jelas Yoga saat dihubungi, Senin (27/2/2023).

Begitu juga, lanjutnya, dengan Ganjar. Meski begitu, dia menekankan bahwa Ganjar merupakan kader PDI Perjuangan (PDIP). Oleh sebab itu, PAN akan menghormati apa pun nanti keputusan PDIP soal Ganjar.

“Mas Ganjar Pranowo juga dekat dengan PAN. Dari hasil lembaga survei [Ganjar] memiliki elektabilitas tinggi. Tentunya sebagai kader PDI Perjuangan, Mas Ganjar akan tunduk pada keputusan partainya, dan PAN juga menghormati fatsun politik seperti itu,” ungkap Yoga.

Di samping itu, dia menegaskan bahwa PAN akan setia bersama-sama dengan Partai Golkar dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) untuk berjuang di Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

KIB, lanjutnya, merupakan koalisi yang saling menguatkan karena masing-masing partai politik yang tergabung di dalamnya punya basis konstituen sendiri-sendiri.

Oleh sebab itu, Yoga menegaskan PAN tidak akan menentukan capres sendiri melainkan bersama-sama dengan Golkar dan PPP.

“Oleh karena itu, PAN akan bersama-sama dengan KIB dalam menentukan pasangan calon di pilpres. Siapa yang akan diusung, nanti kita tunggu ya,” tutupnya.

Diberitakan sebelumnya, Zulhas memberi kode akan menduetkan Ganjar-Erick Thohir saat menyampaikan pantun di acara Rapat Koordinasi Nasional Pemenangan Pemilu PAN di Semarang, Minggu (26/2/2023).

“Izinkan saya mengakhiri pidato pada Rakornas PAN. Jalan-jalan ke Simpanglima, jangan lupa beli lumpia; kalau Pak Ganjar dan Pak Erick sudah bersama, Insya-Allah Indonesia tambah jaya,” kata Zulhas.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper