Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Erick Thohir: Pers Adalah Bagian dari Kehidupan Saya

Hari Pers Nasional, Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, bahwa pers adalah bagian dari kehidupannya.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 09 Februari 2023  |  14:43 WIB
Erick Thohir: Pers Adalah Bagian dari Kehidupan Saya
Menteri BUMN Erick Thohir memberikan paparan dalam acara Mandiri Investment Forum (MIF) 2023 di Jakarta, Rabu (1/2/2023). Bisnis - Suselo Jati

Bisnis.com, JAKARTA — Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengucapkan selamat kepada seluruh insan pers yang sedang memperingati Hari Pers Nasional (HPN) 2023.

Dia menyebut bahwa pers merupakan sarana yang sangat efektif untuk berperan dalam mendorong pendidikan bagi bangsa.

Bahkan,  dirinya juga bagian dari pelaku di industri pers nasional.

Erick menyebut, bahwa informasi yang telah disebarluaskan melalui media berfungsi untuk mendidik, mencerdaskan, dan dapat mendorong masyarakat untuk berbuat kebaikan.

“Bagi saya pers sudah menjadi bagian dari kehidupan saya,” ujarnya.

Dan yang terpenting adalah memberikan pemberitaan yang sesuai fakta. Ayo kita bangun pers yang bertanggung jawab,” ujarnya usai menghadiri peringatan HPN 2023 yang juga dihadiri Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kamis (9/2/2023).

Dia berharap, pers Indonesia ke depan dapat memberikan pemberitaan yang sesuai dengan fakta dan pemberitaan yang bertanggung jawab.

Menurutnya, pers yang bebas, seperti tema Hari Pers Nasional (HPN) 2023 kali ini, juga menjadi syarat pendistribusian informasi yang sangat dibutuhkan Indonesia di saat berada dalam peralihan dari era Industri 4.0 menuju Society 5.0.

Dia menjelaskan, bahwa era Society 5.0 yang dimaknai dengan tingginya persaingan di berbagai sektor yang bersentuhan langsung dengan kebutuhan masyarakat karena pada masa ini masyarakat dituntut untuk hidup berdampingan dengan teknologi, menguasai, dan memanfaatkan teknologi.

Dikatakan, pers sangat dibutuhkan sebagai bagian dari ekosistem pendistribusian informasi.

“HPN 2023 dengan tema Pers Bebas, Demokrasi Bermartabat, juga sejalan dengan kebutuhan masyarakat untuk menyaring informasi yang datang begitu deras, bebas tanpa pembatas. Informasi yang tepat akan menciptakan nilai-nilai baik. Masyarakat butuh itu di saat teknologi menjadi semakin melekat dengan kehidupan, seperti ciri-ciri Era Society 5.0 sekarang,” pungkas Erick.

Senada, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Atal S. Depari berharap peringatan HPN tahun 2023 dapat membangkitkan semangat untuk segera bangkit dari krisis pandemi Covid-19.

"Semoga perayaan HPN membangkitkan semangat kita untuk segera bangkit dari krisis pandemi Covid-19 dan kembali menapaki jalan pembangunan dan kemajuan bangsa dengan optimistis dan kebersamaan nasional," ujarnya.

Ketua PWI juga menyampaikan sejumlah pesan kepada unsur pers nasional dalam kaitannya menghadapi pesta demokrasi yaitu pemilihan umum (pemilu) 2024, yaitu untuk berkomitmen agar peristiwa yang menyebabkan keterbelahan bangsa pada pemilu lalu tidak terulang kembali sehingga kita tidak terseret menjadi pendengung (buzzer) salah satu pihak.

Kedua, dia menilai diperlukan komitmen bersama dalam melaksanakan kode etik jurnalistik dan proses kerja jurnalistik.

Ketiga, insan pers mesti menjaga komitmen sebagai garda terdepan dalam menjaga keutuhan bangsa dan Negara.

“Tidak boleh terjebak euforia arus informasi media sosial yang susah dipertanggungjawabkan kebenarannya, dan mendorong Dewan Pers agar selalu menjaga marwah kehidupan pers Indonesia sebagai pilar demokrasi,” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

erick thohir hari pers nasional dewan pers media massa
Editor : Nancy Junita

Artikel Terkait



Berita Lainnya

    Berita Terkini

    back to top To top