Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kocak! Eropa Kewalahan Tanggung Perang Ukraina, NATO Desak Negara Asia Bantu-bantu

NATO yang notabene merupakan organisasi yang anggotanya terdiri dari negara-negara AS dan Eropa, malah minta bantuan Asia.
NATO mulai minta bantuan ke negara-negara Asia
NATO mulai minta bantuan ke negara-negara Asia

Bisnis.com, SOLO - NATO yang notabene merupakan organisasi yang anggotanya terdiri dari negara-negara AS dan Eropa, malah minta bantuan Asia.

Dilansir dari Al Jazeera, Korea Selatan bakal jadi negara Asia pertama yang dimintai tolong NATO soal konflik Rusia dan Ukraina.

Jens Stoltenberg, sekretaris jenderal NATO, mendesak Korea Selatan untuk meningkatkan dukungan militer untuk Ukraina.

Korsel dipilih lantaran negara-negara yang lain yang telah mengubah kebijakan mereka terkait aturan untuk mengekspor senjata ke negara-negara yang berkonflik setelah invasi Rusia.

Stoltenberg mengajukan banding di ibu kota Korea Selatan, Seoul, pada Senin waktu setempat.

Dalam pertemuan dengan pejabat senior Korea Selatan, Stoltenberg berpendapat bahwa kejadian di Eropa dan Amerika Utara saling berhubungan dengan kawasan lain.

Korea Selatan dan Jepang yang belakangan mesra dengan AS juga bisa terkena imbasnya. Itulah mengapa Korea Selatan diminta membantu mengelola ancaman global yang mungkin juga akan berefek pada pemerintahan mereka.

Berbicara di Chey Institute for Advanced Studies di Seoul, Jens Stoltenberg berterima kasih kepada Korea Selatan atas bantuannya kepada Ukraina selama ini.

Akan tetapi, Jens Stoltenberg meminta lebih dan lebih lagi untuk menutup celah bantuan yang tidak bisa diberikan oleh Eropa.

Apalagi, negara-negara  seperti Jerman dan Norwegia telah menerapkan kebijakan lama untuk tidak mengekspor senjata ke negara-negara yang berkonflik.

Laporan menyebut jika Korea Selatan juga cukup bingung dengan tuntutan NATO ini. Memang, Korsel adalah negara pengekspor alutsista yang cukup aktif di Asia.

Baru-baru ini, mereka juga menandatangani kesepakatan untuk menjual ratusan tank ke negara-negara Eropa, termasuk Polandia yang merupakan anggota NATO. 

Tetapi undang-undang Korea Selatan melarang ekspor senjata ke negara-negara dalam konflik aktif, yang menurut Seoul mempersulit pengiriman senjata langsung ke Kyiv.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper