Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Komisi IX DPR RI: Kemenkes Perlu Cari Terbosan Vaksinasi Untuk Lansia

Komisi IX DPR RI mendorong Kemenkes untuk melakukan berbagai upaya agar lansia mau di vaksinasi
Nabil Syarifudin Al Faruq
Nabil Syarifudin Al Faruq - Bisnis.com 24 Januari 2023  |  17:36 WIB
Komisi IX DPR RI: Kemenkes Perlu Cari Terbosan Vaksinasi Untuk Lansia
Tenaga kesehatan menyuntikkan cairan vaksin dosis ketiga kepada warga lansia saat vaksinasi booster Covid-19 di Puskesmas Kecamatan Kramat Jati, Jakarta, Rabu (12/1/2021). Bisnis - Arief Hermawan P
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Anggota Komisi IX DPR RI Edy Wuryanto mendorong Kementrian Kesehatan (Kemenkes) untuk melakukan terobosan baru dalam hal vaksinasi masyarakat yang sudah lansia. Pasalnya vaksinasi lansia saat ini dinilai masih sedikit.

“Lansia memang saat ini kurang motivasi untuk melakukan vaksin. Tapi apakah dengan kondisi seperti ini lantas tidak berbuat sesuatu? Menkes harus mencari terobosan baru untuk membangkitkan motivasi mereka. Kalau kita menyerah saja maka tidak akan ada perubahan,” jelas Edy dalam rapat Komisi IX DPR RI di Jakarta, Selasa (24/1/2023).

Menurut Edy, hal tersebut merupakan persoalan dasar vaksinasi di Indonesia. Edy pun mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo sudah mengumumkan pembukaan diri untuk para turis asing berkunjung di Indonesia, hal ini akan menjadi tambahan masalah jika lansia tidak terlindungi.

“China saat ini sedang tidak dalam kondisi yang baik, dan ada potensi migrasi penduduk China nantinya, apakah sebagai turis atau TKA. Ini kalau lansia Indonesia tidak terlindungi dengan baik, maka tentu korban nya adalah para lansia,” jelas Edy.

Edy menegaskan bahwa Kemenkes perlu melakukan upaya khusus terhadap lansia agar mau divaksinasi. Bisa mencontoh negara lain yang memaksa lansia untuk melakukan vaksinasi. Hal ini merupakan upaya untuk melindungi para lansia dari Covid-19 ke depannya.

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin juga mengatakan bahwa pihaknya akan berupaya untuk mengedukasi agar lansia mau di vaksin. “Memang keinginan vaksin dari lansia ini sulit sekali karena satu dan lain hal,” jelas dia.

Budi pun mengatakan bahwa motivasi untuk di vaksin para lansia di Indonesia rendah, bahkan data Kemenkes menunjukan jumlah warga yang masuk rumah sakit dan meninggal adalah lansia, masih banyak yang belum di vaksin sama sekali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Covid-19 Virus Corona Vaksin Covid-19
Editor : Andhika Anggoro Wening
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top