Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Lagi, Gempa Cianjur Terasa Sampai Jakarta

Gempa bumi yang melanda Cianjur, juga dirasakan oleh sebagian masyarakat yang ada di Jabodetabek, khususnya Jakarta.
Ileny Rizky
Ileny Rizky - Bisnis.com 24 Januari 2023  |  17:01 WIB
Lagi, Gempa Cianjur Terasa Sampai Jakarta
Sebanyak 4.674 personil pada Jumat (25/11/2022) dari 333 lembaga pemerintah, swasta, akademisi dan masyarakat yang tergabung dalam tim relawan bergotong royong membantu korban gempa bumi di Kabupaten Cianjur Jawa Barat. JIBI - Bisnis/Nancy Junita @bnpb
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan adanya bencana gempa bumi Magnitudo 4,3 yang mengguncang wilayah Cianjur, pada Selasa (24/1/2023) dini hari, yakni pukul 02.45 WIB. 

"Gempa Cianjur Magnitudo 4,3 pada 24 Januari 2023 pukul 02:45:01WIB. Lokasi pusat gempa 6.81LS, 107.04BT (11 km Barat Laut Kab. Cianjur, Jawa Barat), dengan kedalaman 10 Km," tulis BMKG dikutip dari cuitan Twitternya pada Selasa (24/1/2023).

Sosial media seperti Twitter dan TikTok ramai dengan rekaman video CCTV  yang menampilkan kondisi Cianjur saat terjadinya gempa. Seperti halnya video TikTok milik @Zawar, dia mengunggah rekaman CCTV yang memperlihatkan bagaimana kepanikan warga saat gempa mengguncang tempat tinggal mereka. Warga yang umumnya tengah beristirahat itu panik lantaran harus menyelamatkan diri agar tidak tertimpa renruntuhan.

Pada video tersebut juga terlihat betapa kencangnya bangunan rumah yang terombang-ambing saat gempa berlangsung. Untungnya warga setempat dengan sigap langsung menyelamatkan diri.

Sementara @liaherviani11 melaporkan bagaimana keluarga dan tetangga di sekitar kediamannya yang menyelamatkan diri ke luar rumah saat terjadinya gempa. Dalam keadaan baru bagun tidur dan terlihat masih mengenakan selimut mereka berkumpul di pinggir jalan yang persis berada di depan rumah mereka.

"Ya Allah lindungilah kami dan keluarga kami, apalagi mereka yang berada di titik-titik gempa. Sebagian lainnya sudah merasa aman dan kembali tidur di rumah yang sudah retak," tulisnya dalam TikTok.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur, Fatah Rizal, melaporkan bahwa bencana alam ini mengakibatkan beberapa warga Cianjur yang mengalami luka-luka. Seperti di Desa Cijedil, dikatakan tiga orang korban luka-luka dan di Desa Sarampad Kec. Cugenang juga disampaikan bahwa terdapat satu orang yang mengalami luka ringan yang diakibatkan dari pecahan kaca yang didapat ketika korban sedang panik berusaha menyelamatkan diri. Beruntungnya tidak ada bangunan yang dikabarkan rusak akibat diguncang gempa ini.

"Kami masih terus coba mendata terkait jumlah warga yang luka akibat gempa tadi, khawatir masih ada lagi," sebutnya.

Di samping itu, BMKG menyampaikan bahwa gempa juga turut dirasakan hingga wilayah Cianjur,  Cikalongkulon, Cipanas, Sukabumi,  Purwakarta,  Jakarta Selatan, Tangerang Selatan, Bekasi, dan Depok.

Kemudian BMKG mengimbau kepada seluruh masyarakat, terkhusus warga Cianjur agar dapat berhati-hati terhadap gempa bumi susulan yang mungkin terjadi pasca gempa bermagnitudo 4,3 yang mengguncang Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, pada Selasa (24/1/2023) pukul 02.45 WIB.

"Saran BMKG, Hati-hati terhadap gempa bumi susulan yang mungkin terjadi," ungkap BMKG dikutip dari laman resminya, Selasa (24/1/2023).


Selain itu, melalui akun Twitternya BMKG juga kembali melaporkan adanya gempa susulan dengan skala yang kecil di siang hari tadi.  Gempa berkekuatan 2,3 Magnitudo kembali mengguncang Cianjur pada Selasa (24/1/2023) pukul 12.35. WIB.

"Gempa dengan skala 2,3 magnitudo di 6.76 LS, 107.10 BT (Pusat gempa berada di darat 8 km Barat Laut Kab. Cianjur), pukul 12:35:45 WIB pada kedalaman 12 Km Dirasakan (MMI) II Cijedil, II Rancagoong," lapor BMKG.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

BMKG cianjur Gempa Cianjur twitter gempa bumi
Editor : Novita Sari Simamora
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top