Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kapal Monster China Wara-wiri Lagi di Natuna Utara, Ternyata Harta Karun Ini yang Diincar

Inilah harta karun Indonesia yang diincar oleh China di Natuna Utara.
Laut China Selatan
Laut China Selatan

Bisnis.com, SOLO - Inilah harta karun Indonesia yang diincar China, sebab belakangan ini, kapal Monster Beijing wara-wiri di wilayah Natuna Utara.

Belakangan, Indonesia dihebohkan dengan kapal monster China, CCG 5901, yang terlihat di wilayah Natuna Utara.

CCG 5901 China adalah kapal penjaga pantai terbesar di dunia dan dijuluki "monster" karena ukurannya yang super besar. 

Indonesia telah mengerahkan kapal perang ke Laut Natuna Utara untuk memantau kapal penjaga pantai China yang telah aktif di wilayah maritim tersebut.

“Kapal China tidak melakukan aktivitas mencurigakan. Namun perlu kita pantau karena sudah lama berada di zona ekonomi eksklusif (ZEE) Indonesia,” kata Laksamana Madya Muhammad Ali, panglima angkatan laut Indonesia.

Data pelacakan kapal menunjukkan kapal China, CCG 5901, telah berlayar di Laut Natuna dan khususnya dekat dengan ladang gas Blok Tuna Indonesia dan ladang minyak.

Ya, inilah harta karun RI yang tengah diincar China. Tampaknya Beijing tak terima dengan manuver yang dilakukan oleh RI.

Sebab baru-baru ini, Indonesia menyetujui rencana pengembangan ladang gas Tuna, yang melibatkan perkiraan investasi lebih dari 3 miliar dollar untuk memulai produksi.

Konflik Indonesia dan China soal Natuna Utara

China dan Indoensia memang sudah lama berkonflik soal Natuna Utara. Natuna Utara sebenarnya adalah bagian dari Laut China selatan yang masuk ke dalam wilayah RI.

Akan tetapi, China menganggap jika Natuna Utara masih masuk wilayah teritorialnya.

Sejak saat itu, kapal Indonesia dan China saling "unjuk ketangguhan" selama berbulan-bulan di tahun 2021, di dekat anjungan minyak submersible yang telah melakukan uji coba di area pengembangan ladang gas Indonesia.

China mendesak Indonesia untuk menghentikan uji pengeboran tersebut, dengan mengklaim bahwa kegiatan tersebut dilakukan di wilayahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper