Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

7 Lokasi Wisata Bernuansa Klasik di Solo yang Wajib Dikunjungi saat Libur Natal dan Tahun Baru

Berikut ini adalah 7 lokasi wisata di Solo yang wajib dikunjungi saat libur natal dan tahun baru.
Pura Mangkunegaran
Pura Mangkunegaran

Bisnis.com, SOLO - Berikut adalah 7 rekomendasi tempat wisata bernuansa klasik di Solo yang wajib dikunjungi saat libur Natal dan Tahun Baru 2023.

Meski hanya sebentar, namun libur natal dan tahun baru harus dimaksimalkan untuk menenangkan hati dan pikiran.

Solo menjadi salah satu kota di Indonesia yang siap menyambut kedatangan banyak turis asing dan lokal sepanjang libur natal dan tahun baru 2023.

Bahkan sejak awal Desember 2022 lalu, pemerintah Kota Surakarta sudah menghias beberapa titik lokasi untuk menyambut wisatawan.

Di Jalan Jendral Sudirman misalnya, sejak awal Desember lalu, sepanjang jalan dekat Pasar Gede tersebut sudah dihias dengan pernak pernik bernuansa natal dan imlek. 

Nantinya, sepanjang jalan ini diprediksi akan menjadi titik kumpul beberapa orang untuk meghabiskan liburan.

Solo juga bisa menjadi destinasi pilihan jika kamu menyukai hal-hal yang berbau klasik dan bersejarah. Sebab di Solo, ada banyak lokasi bernuansa klasik yang bisa kamu kunjungi.

Berikut ini adalah 9 wisata bernuansa klasik di Solo yang direkomendasikan Bisnis.com:

1. Pasar Gede

Di sini, kamu akan menemukan banyak hal menarik. Pasar Gede menyediakan banyak makanan jadul khas Solo yang dijual sejak pagi hingga petang.

Di sekelilingnya, kamu juga bisa menemukan tempat nongkrong bernuansa klasik dengan aneka makanan dari yang jadul sampai kekinian.

2. Kraton Kasunanan Hadinigrat

Tak afdol rasanya jika ke Solo tanpa menyempatkan berkunjung ke Kraton Surakarta. Apalagi lokasinya tak jauh dari Pasar Gede.

3. Pura Mangkunegaran

Kalau kamu ingin melihat lokasi pernikahan Kaesang dan Erina yang sempat viral beberapa waktu lalu, silahkan datang ke Pura Mangkunegaran.

Untuk bisa mengunjungi Pura ini, kamu tidak dikenakan biaya apapun. Hanya saja, tetap bersikap sopan dan jangan masuk ke tempat-tempat yang dilarang.

4. De Tjolomadoe

Lokasinya memang agak jauh dari pusat kota Solo. De Tjolomadoe terletak di Solo bagian barat.

Di sini, kamu akan diajak menikmati banggunan tua bekas pabrik gula dan keterangan sejarahnya. Kalu lapar, kamu juga bisa mengunjungi food court di sekitar kompleks De Tjolomadoe.

5. Kampung Batik Kauman

Kampung Batik Kauman berada di jantung kota Solo. Di sini, kamu bisa menyaksikan pembuatan batik, ikut kelas membatik dan membeli souvenir batik khas Solo.

6. Museum Radyapustaka dan Benteng Vastenburg

Museum Radyapustaka memiliki banyak koleksi benda-benda dari kerajaan Mataram. Di sini, kamu juga bisa belajar banyak hal tentang sejarah Kota Solo.

Kamu bisa meneruskan perjalanan langsung ke Benteng Vastenburg yang biasanya juga menjual aneka makanan yang memanjakan lidah.

7. Ngarsopuro

Ngarsopuro merupakan nama jalan yang berada di depan Pura Mangkunegaran. Di sepanjang jalan Ngarsopuro, kamu akan menemukan berbagai makanan kaki lima.

Selain itu, ada juga Pasar Klenik yang bisa kamu manfaatkan untuk mencari barang-barang jadul. Namun, Bisnis.com menyarankan kamu ke sini pada waktu sore menjelang malam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper