Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Jokowi Tetap Kerja di Tengah Prosesi Pernikahan Kaesang-Erina

Jokowi masih menjalankan tugas kenegaraan meski turut dalam rangkaian prosesi pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 09 Desember 2022  |  15:15 WIB
Jokowi Tetap Kerja di Tengah Prosesi Pernikahan Kaesang-Erina
Putra Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep menjalani prosesi siraman jelang pernikahannya dengan Erina. Acara digelar di kediaman pribadi Kepala Negara di kawasan Sumber, Kota Solo, Jumat (9/12/2022). - Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) masih menjalankan tugas kenegaraan meski turut dalam rangkaian prosesi pernikahan putra bungsunya, Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono.

Hal ini dibagikan oleh orang nomor satu tersebut melalui akun Instagram pribadinya @jokowi pada Jumat (9/12/2022). Terlihat Jokowi mengenakan beskap berwarna magenta sedang menandatangani sejumlah dokumen negara.

“Sebelum Jumatan di sela rangkaian prosesi pernikahan Kaesang, pekerjaan dan tugas administrasi kenegaraan tak boleh tertunda. Setumpuk dokumen di depan saya ini tetap harus diselesaikan,” tulis Jokowi dikutip melalui akun Instagram @Jokowi, Jumat (9/12/2022).

Di sisi lain, Jokowi juga merasa bersyukur salah satu rangkaian prosesi pernikahan Kaesang-Erina yaitu sungkeman dan siraman berjalan dengan lancar.

“Alhamdullilah, tadi prosesi untuk sungkeman dan prosesi untuk siraman sudah berjalan dengan baik, lancar, dan kami sekeluarga mohon doa restu pada masyarakat agar prosesi selanjutnya. Baik, Midodareni (Persiapan nanti malam) kemudian besok Ijab Kabul, dan dilanjutkan dengan tasyakuran di Puro Mangkunegaran semua bisa berjalan dengan baik,” tuturnya, dikutip melalui Youtube Sekretariat Presiden, Jumat (9/12/2022).

Lebih lanjut, Jokowi juga meminta maaf kepada masyarakat yang terganggu kenyamanannya selama pelaksanaan proses pernikahan putra bungsunya, Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono.

Permintaan maaf ini khususnya disampaikan Jokowi untuk warga Yogyakarta dan warga Kota Surakarta.

“Sekali lagi kami ingin mohon maaf yang sebesar-besarnya, apabila dalam prosesi ini dimulai dengan sungkeman dan siraman hingga nanti sampai di tasyakuran dan Puro Mangkunegaran, apabila ada yang terganggu kenyamanannya, terganggu kami sekeluarga memohon maaf yang sebesar-besarnya. Utamanya, kepada masyarakat Yogyakarta dan kota Solo,” imbuhnya.

Kaesang menjalani prosesi siraman jelang pernikahannya dengan Erina. Acara digelar di kediaman pribadi Kepala Negara di kawasan Sumber, Kota Solo, Jumat (9/12/2022).

Dalam prosesi sungkeman jelang siraman, Jokowi memberi wejangan kepada Kaesang yang akan segera menjadi pemimpin dalam keluarga kecil.

"Kami sebagai orangtua mengharapkan juga mendoakan agar keluarga Mas Kaesang dan Mbak Erina ke depan bisa menjadi keluarga yang sakinah, mawaddah, warahmah," ujarnya.

Tak hanya Jokowi, Iriana Jokowi juga berpesan kepada putra bungsunya agar bisa menjalani pernikahan dengan baik. Kaesang bisa menjadi kepala keluarga yang baik bagi keluarga dan Erina Gudono.

"Yang pasti doa ibu agar kamu selalu bahagia ya le (panggilan Jawa kepada anak laki-laki)," lanjut Iriana.

Sementara itu, saat ditanyakan bagaimana perasaan Kaesang setelah melewati beberapa rangkaian proses pernikahannya. Putra bungsu Jokowi dan Iriana ini hanya sedikit berkomentar dan mengangkat kedua jempolnya untuk mengartikan segala proses berjalan lancar.

“Tentunya, saya bahagia [habis sungkeman] nangis tadi. Ya sudah nanya Bapak saja. Yang bikin nangis ya karena senang, bahagia,” ujar Kaesang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi kaesang Erina Gundono Pernikahan Kaesang
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top