Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Survei Poltracking: Prabowo Raih Kepuasan Kinerja Tertinggi, Halim Iskandar Terendah

Survei Poltracking, Prabowo Subianto menteri di Kabinet Indonesia Maju dengan tingkat kepuasan kinerja tertinggi.
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto./Instagram
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto./Instagram

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menjadi menteri di Kabinet Indonesia Maju yang memiliki tingkat kepuasan kinerja tertinggi.

Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yuda menjelaskan hal tersebut dalam survei Poltracking Indonesia periode 21-27 November 2022. 

Pria kelahiran 17 Oktober 1951 ini mendapat suara sebanyak 61,4 persen yang mengartikan masyarakat puas terhadap kinerja Prabowo.

"Kepuasan terhadap kinerja menteri atau pejabat setingkat menteri. Kepuasan terhadap kinerja Menteri Pertahanan Prabowo Subianto 61,4 persen, lebih tinggi dibanding menteri lainnya," katanya lewat rilis surveinya, Kamis (8/12/2022).

Lebih lanjut, di posisi kedua bertengger Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dengan tingkat kepuasan 59,4 persen. Disusul oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dengan tingkat kepuasan 57,7 persen.

"Kepuasan terhadap kinerja menteri atau pejabat menteri lainnya di bawah 55 persen," ujarnya.

Sementara itu, bila diurut dari urutan terbawah, Menteri PAN-RB Abdullah Azwar Anas dan Menteri Desa PDT dan Transmigrasi A. Halim Iskandar menjadi menteri dengan suara paling rendah terhadap kepuasan masyarakat akan kinerja mereka.

Abdullah Azwar Anas mendapat suara sebanyak 43,4 persen, sedangkan A. Halim Iskandar mendapat perolehan suara mencapai 43,2 persen.

Di sisi lain, survei Poltracking juga mencatatkan bahwa terdapat mayoritas keinginan masyarakat agar Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali merombak kabinet (reshuffle).

Survei menunjukkan, sebanyak 42,8 persen publik setuju diadakan reshuffle kabinet.

"Sementara publik yang mengatakan tidak setuju atau gabungan kurang setuju dan sangat tidak setuju 25,5 persen," pungkas Hanta.

Sebagai informasi, survei dilakukan melalui wawancara tatap muka langsung pada 21-27 November 2022. Jumlah sampel 1.220 responden dengan margin of error lebih kurang 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Metode sampel survei menggunakan multistage random sampling.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper