Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Ridwan Kamil Marah, Ada Aksi Intoleransi di Posko Bantuan Gereja

Posko bantuan gempa Cianjur datang dari berbagai daerah dengan beraneka label. Namun, aksi intoleransi dengan mencabut label tenda dari gereja.
Novita Sari Simamora
Novita Sari Simamora - Bisnis.com 28 November 2022  |  06:30 WIB
Ridwan Kamil Marah, Ada Aksi Intoleransi di Posko Bantuan Gereja
Seorang pria terekam video mencabut tenda bantuan dari gereja saat gempa Cianjur. - Twitter
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengesalkan aksi intoleransi yang dilakukan oleh penerima pengungsi terhadap posko tenda dari gereja yang membantu korban gempa Cianjur.

Saat semua tenda berdiri dengan label dari donatur, maka aksi intoleransi yang dilakukan oknum di tengah kondisi gempa Cianjur mencabut label tenda. Ridwa Kamil menyayangkan bahwa dalam kondisi bencana alam, aksi intoleransi di Jawa Barat masih juga terjadi.

Dalam video yang diunggah oleh Ridwan Kamil, tampak 3 orang mencabut label posko yang memiliki tulisan Tim Aksi Kasih Gereja Reformed, yang tertulis di atas tenda. Aksi intoleransi terhadap pemberi bantuan ini mendapatkan respon dari Ridwan Kamil.

"Sangat disesalkan dan tidak boleh terulang lagi pencabutan label identitas pemberi bantuan tenda oleh oknum warga setempat di tenda pengungsian di Cianjur," tulisnya di Twitter, Senin (28/11/2022).

Gubernur yang akrab di sapa Kang Emil mengatakan bahwa bencana ini datang tidak pilih-pilih da memberikan dampak kepada semua orang, maka semua pihak dan semua golongan di Cianjur yang membantu bencana pun datang tidak pilih-pilih, datang dari semua pihak, dari semua golongan, kelompok, apapun keyakinan atau agamanya.

aksi intoleransi di gempa cianjur

"Berdirinya bendera, spanduk, baliho, stiker dari para pemberi bantuan adalah hal yang wajar, karena mungkin itu bagian dari pelaporan pertanggungjawaban kepada para donatur yang menitipkan bantuan kepada mereka," ungkapnya.

Kang Emil merespon positif aksi peduli kasih dan memberikan bantuan yang dilakukan oleh tim pemberi bantuan. Menurutnya, sila ke-2 Pancasila yang berbungi Kemanusiaan Yang adil dan Beradab harus dijunjung dengan baik dan dipraktekkan dengan bijak. Maka Bantuan kemanusiaan tidak boleh ternodai sedikitpun oleh unsur kebencian golongan.

"Saya sudah meminta kepolisian khususnya Kapolda Jawa Barat untuk menindaklanjuti hal ini agar tidak terulang lagi di kemudian hari," tulisnya dalam Twitter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jawa barat gubernur jawa barat ridwan kamil intoleransi
Editor : Novita Sari Simamora
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top