Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ridwan Kamil Marah, Ada Aksi Intoleransi di Posko Bantuan Gereja

Posko bantuan gempa Cianjur datang dari berbagai daerah dengan beraneka label. Namun, aksi intoleransi dengan mencabut label tenda dari gereja.
Seorang pria terekam  video mencabut tenda bantuan dari gereja saat gempa Cianjur./Twitter
Seorang pria terekam video mencabut tenda bantuan dari gereja saat gempa Cianjur./Twitter

Bisnis.com, JAKARTA - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengesalkan aksi intoleransi yang dilakukan oleh penerima pengungsi terhadap posko tenda dari gereja yang membantu korban gempa Cianjur.

Saat semua tenda berdiri dengan label dari donatur, maka aksi intoleransi yang dilakukan oknum di tengah kondisi gempa Cianjur mencabut label tenda. Ridwa Kamil menyayangkan bahwa dalam kondisi bencana alam, aksi intoleransi di Jawa Barat masih juga terjadi.

Dalam video yang diunggah oleh Ridwan Kamil, tampak 3 orang mencabut label posko yang memiliki tulisan Tim Aksi Kasih Gereja Reformed, yang tertulis di atas tenda. Aksi intoleransi terhadap pemberi bantuan ini mendapatkan respon dari Ridwan Kamil.

"Sangat disesalkan dan tidak boleh terulang lagi pencabutan label identitas pemberi bantuan tenda oleh oknum warga setempat di tenda pengungsian di Cianjur," tulisnya di Twitter, Senin (28/11/2022).

Gubernur yang akrab di sapa Kang Emil mengatakan bahwa bencana ini datang tidak pilih-pilih da memberikan dampak kepada semua orang, maka semua pihak dan semua golongan di Cianjur yang membantu bencana pun datang tidak pilih-pilih, datang dari semua pihak, dari semua golongan, kelompok, apapun keyakinan atau agamanya.

aksi intoleransi di gempa cianjur
aksi intoleransi di gempa cianjur

"Berdirinya bendera, spanduk, baliho, stiker dari para pemberi bantuan adalah hal yang wajar, karena mungkin itu bagian dari pelaporan pertanggungjawaban kepada para donatur yang menitipkan bantuan kepada mereka," ungkapnya.

Kang Emil merespon positif aksi peduli kasih dan memberikan bantuan yang dilakukan oleh tim pemberi bantuan. Menurutnya, sila ke-2 Pancasila yang berbungi Kemanusiaan Yang adil dan Beradab harus dijunjung dengan baik dan dipraktekkan dengan bijak. Maka Bantuan kemanusiaan tidak boleh ternodai sedikitpun oleh unsur kebencian golongan.

"Saya sudah meminta kepolisian khususnya Kapolda Jawa Barat untuk menindaklanjuti hal ini agar tidak terulang lagi di kemudian hari," tulisnya dalam Twitter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper