Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bertemu Xi Jinping, Ini Sikap Biden Tentang Taiwan

Biden menegaskan bahwa kebijakan mereka tentang Taiwan tidak berubah dan tetap menolak konsep One China Policy.
Presiden China Xi Jinping dan Presiden Amerika Serikat Joe Biden dalam pertemuan 2012 di Gedung Putih/ Bloomberg
Presiden China Xi Jinping dan Presiden Amerika Serikat Joe Biden dalam pertemuan 2012 di Gedung Putih/ Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA -- Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menyampaikan komentar terkait sejumlah isu dunia terakhir termasuk pertemuannya dengan Presiden China Xi Jinping di sela acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Nusa Dua, Bali, Senin (14/11/2022).

Biden cukup yakin China tidak akan menempuh jalan konflik untuk menyelesaikan masalah Taiwan. China, kata Biden, bahkan siap bekerja sama dan berkompromi dalam berbagai masalah yang kerap menjadikan hubungan kedua negara berada dalam kondisi panas dingin.

"Saya tidak berpikir ada godaan dari pihak China untuk menyerang Taiwan dan saya menjelaskan bahwa kebijakan kami di Taiwan tidak berubah," ujar Biden di Bali.

Biden juga mengungkapkan optimismenya mengenai komitmen antara China dan AS pada masa yang akan datang. Amerika dan China sepakat untuk mencari masalah yang dirujuk dan akan menugaskan staf di kabinet untuk menindaklanjuti hal tersebut.

Kendati demikian, Biden tetap menyinggung bahwa sikapnya terhadap Taiwan tidak berubah. "One China policy tidak berubah dan kita menolak," tegas Biden.

Kata Xi Jinping

Presiden China, Xi Jinping mengatakan bahwa dunia sedang memperhatikan pertemuan perdananya dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden di sela-sela KTT G20 di Bali, Indonesia.

Joe Biden bertemu dengan Xi Jinping dalam KTT G20 di Bali, Indonesia pada hari ini, Senin (14/11/2022). Adapun, Biden menyambut Xi Jinping dengan senyuman pada pertemuan itu. Dia mengutarakan keinginan AS dan China mengelola perbedaan dan mencegah persaingan menjadi konflik.

Xi Jinping juga menyapa pemimpin AS itu dan mengatakan "senang bertemu dengan Anda", terlihat raut senang di antara keduanya.

“Saat ini hubungan China-AS berada dalam situasi sedemikian rupa sehingga kita semua sangat peduli karena ini bukan kepentingan fundamental kedua negara dan rakyat kita, dan bukan itu yang diharapkan masyarakat internasional (dari) kita,” kata Xi Jinping dalam sambutannya seperti dikutip dari CNN, Senin (14/11/2022).

Selanjutnya, Xi menekankan pentingnya menentukan arah dalam hubungan yang dijalin antara AS dan China.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper