Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Update Perang Rusia vs Ukraina Hari ke-255: Putin Evakuasi Warganya di Kherson

Presiden Rusia Vladimir putin meminta warganya di Kherson untuk dievakuasi dari zona konflik.
Update Perang Rusia vs Ukraina Hari ke-255: Putin Evakuasi Warganya di Kherson. Tentara Rusia dalam agresi militer di Ukraina./Istimewa
Update Perang Rusia vs Ukraina Hari ke-255: Putin Evakuasi Warganya di Kherson. Tentara Rusia dalam agresi militer di Ukraina./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Konflik Rusia vs Ukraina memasuki hari ke-255 sejak awal invasi. Presiden Rusia Vladimir putin meminta warganya di Kherson untuk dievakuasi dari zona konflik.

Dilansir The Guardian pada Sabtu (5/11/2022), perintah Presiden Rusia itu muncul ketika pasukannya bersiap untuk mempertahankan Kherson dari upaya pengambilalihan kembali oleh Ukraina.

“Sekarang, tentu saja, mereka [warga Rusia] yang tinggal di Kherson harus dikeluarkan dari zonab berbahaya, karena penduduk sipil tidak boleh menderita,” kata Putin dalam pertemuan dengan para aktivis pro-Kremlin, Jumat (4/11/2022).

Di sisi lain, Amerika Serikat (AS) telah mengumumkan bantuan keamanan bari senilai US$400 juta untuk Ukraina. Bantuan tersebut akan digunakan Ukraina untuk perbaikan tank T-72 dari Republik Ceko dan rudal untuk pertahanan udara l yang dapat digunakan untuk melawan drone Rusia dan rudal jelajah.

Secara keseluruhan, paket bantuan terbaru itu menambah total bantuan AS ke Ukraina sejak Februari menjadi US$18,2 miliar atau setara dengan Rp286 triliun.

Berikut ini adalah update perang Rusia vs Ukraina hari ke-255 :

China dan Jerman mengutuk ancaman penggunaan senjata nuklir Rusia

Presiden China Xi Jinping dan Kanselir Jerman Olaf Scholz telah mengutuk ancaman Rusia untuk menggunakan senjata nuklir di Ukraina. Pasalnya, kedua orang ini sudah menyatakan keinginan mereka untuk mengakhiri konflik Rusia dengan Ukraina.

Xi Jinping menyebutkan, untuk saat ini diperlukan kerja sama yang lebih besar antara China dan Jerman di 'masa perubahan dan gejolak'. Sementara itu, kanselir Jerman mengatakan, Moskow berada dalam posisi berbahaya apabila memberikan ancaman menggunakan senjata nuklir, dan Olaf menyebut tindakan Rusia sudah melewati batas.

Netflix umumkan talkshow bersama Zelensky

Pembawa acara talkshow ternama AS, David Letterman telah melakukan perjalanan ke Kyiv untuk mewawancarai Volodymyr Zelenskiy, dan hal ini dikabarkan akan dibuat untuk program Netflix terbaru.

Adapun, David sempat menyinggung bahwa di episode terbaru dalam programnya akan menghadirkan tamu spesial yang merujuk kepada Presiden Ukraina.

PM Inggris sebut intimidasi Rusia tidak akan mempan

Perdana menteri Inggris Rishi Sunak dan mitranya dari Polandia, yakni Mateusz Morawiecki tengah membahas situasi di Belarus dan menyetujui perlunya untuk terus mengirim pesan kepada Rusia dengan menegaskan bahwa intimidasi yang dilakukan kepada Inggris tidak akan pernah berhasil.

Perusahaan TI istri PM Inggris masih beroperasi di Rusia

Setelah mengmumkan akan menarik diri dari Rusia delapan bulan yang lalu, perusahaan layanan TI India Infosys milik istri Perdan Mentero Inggris, sampai saat ini dikabarkan masih beroperasi.

Perusahaan yang menghasilkan £11,5 juta atau setara Rp200 miliar per tahun itu masih mempertahankan kantor staf dan membayar subkontraktor di ibukota Rusia. Sebab, perusahaan ini masih ada kewajiban untuk melaksanakan layanan TI untuk klien global.

Ukraina terbitkan perangko baru, kenang serangan di jembatan Krimea

Layanan pos negara Ukraina telah mengeluarkan perangko terbaru sebagai peringatan yang didedikasikan untuk serangan di Jembatan Krimea bulan lalu yang memicu perayaan di seluruh negeri.

Aliansi militer barat lakukan pelatihan di dekat perbatasan Rusia

Aliansi militer barat telah merilis rekaman latihan nuklir terbarunya di Eropa barat laut, dengan sebagian besar latihannya diadakan setidaknya 1.000 km dari perbatasan Rusia, di atas Belgia, Laut Utara, dan Inggris.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper