Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jokowi: Pemerintah dan FIFA Pastikan Transformasi Sepak Bola Indonesia

Jokowi menyampaikan kesepakatan dengan Presiden FIFA Gianni Infantino untuk melakukan transformasi sepak bola Indonesia.
Presiden Joko Widodo (Jokowi)  dan Presiden FIFA Gianni Infantino memberi keterangan kepada media massa usai bertemu membahas persepakbolaan di Indonesia, Selasa (18/10/2022). JIBI/Bisnis-Akbar Evandiorn
Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden FIFA Gianni Infantino memberi keterangan kepada media massa usai bertemu membahas persepakbolaan di Indonesia, Selasa (18/10/2022). JIBI/Bisnis-Akbar Evandiorn

Bisnis.com, JAKARTA — Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan kesepakatan dengan Presiden FIFA Gianni Infantino untuk melakukan transformasi sepak bola Indonesia secara menyeluruh.

Jokowi menyampaikan hal itu usai menerima kunjungan Presiden FIFA Gianni Infantino di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (18/10/2022).

“Kami bersepakat melakukan tranformasi sepak bola Indonesia secara menyeluruh. Memastikan semua aspek pertandingan berjalan sesuai dengan standar keamanan yang ditetapkan oleh FIFA baik pemain maupun penonton harus terjamin keamanan dan keselamatannya,” tutur Jokowi di Istana Merdeka, Selasa (18/10/2022).

Lebih lanjut, Jokowi menjelaskan bentuk kesepakatan tersebut akan dilakukan dengan mengkaji kembali kelayakan stadion di Tanah Air, khususnya Stadion Kanjuruhan, Malang.

Stadion juga akan menerapkan teknologi untuk membantu mitigasi aneka potensi yang membahayakan penonton maupun pemain.

“Kami bersepakat bahwa tragedi ini menjadi pelajaran yang sangat penting bagi sepak bola Indonesia dan juga bagi dunia, sehingga jangan sampai kejadian ini terulang kembali jangan sampai kegembiraan penonton pertandingan sepak bola berujung pada duka dan malapetaka,” imbuhnya.

Pemerintah bersama FIFA juga bersepakat untuk memastikan pertandingan Piala Dunia U-20 FIFA di Indonesia dapat berjalan baik.

“Semua segi persiapan sampai dengan pelaksanaannya harus dipastikan berjalan sesuai dengan standar FIFA dan ditangani secara baik secara profesional,” tegas Jokowi.

Pemerintah dengan FIFA, ujarnya, juga secara bersama-sama akan mengkaji ulang para pemangku kepentingan persepakbolaan Indonesia.

Pemerintah bersama dengan FIFA ingin memastikan proses transformasi sepak bola Indonesia berjalan sesuai dengan standar yang ditetapkan.

“Dengan demikian kita jadikan kesepakatan ini sebagai momentum perbaikan sistem persepakbolaan Indonesia agar sepak bola Indonesia menjadi kebangaan nasional dan tampil lebih baik lagi pada masa yang akan datang,” ujar Jokowi.

Di sisi lain, Jokowi juga menyampaikan duka cita Presiden FIFA Gianni Infantino pascatragedi Kanjuruhan di Malang, Sabtu (1/10/2022) tersebut.

“Kami berdiskusi secara detail dan dalam pertemuan itu, Presiden FIFA mengungkap rasa duka dan simpati mendalam kepada keluarga korban dan menyampaikan kepeduliannya atas tragedi yang terjadi,” pungkas Jokowi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper