Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Terungkap! Ini Penyebab Kelangkaan Vaksin Meningitis untuk Umroh

Kemenkes mengungkap penyebab kelangkaan vaksin meningitis yang diperlukan untuk jemaah umroh.
Muhammad Noli Hendra
Muhammad Noli Hendra - Bisnis.com 30 September 2022  |  14:24 WIB
Terungkap! Ini Penyebab Kelangkaan Vaksin Meningitis untuk Umroh
Ilustrasi vaksin meningitis - Antara
Bagikan

Bisnis.com, PADANG - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengungkapkan kelangkaan vaksin meningitis yang melanda hampir di seluruh daerah di Indonesia. Padahal, vaksin meningitis sangat diperlukan bagi jemaah yang ingin menjalankan ibadah umroh ke Tanah Suci.

Plt. Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan, Murti Utami, mengatakan, terkait kelangkaan ini pemerintah Menteri Kesehatan sebelumnya telah menyampaikan bahwa Kemenkes telah mempersiapkan 250 ribu dosis vaksin meningitis yang produksi PT Bio Farma dan akan distribusikan pada awal Oktober 2022.

"Soal kelangkaan vaksin meningitis itu memang di luar dugaan kita, karena permintaan cukup tingginya permintaan, terutama untuk keperluan calon jamaah umroh," katanya dalam kunjungan kerja di Padang, Jumat (30/9/2022).

Murti Utami menyebutkan 250 ribu dosis vaksin meningitis itu akan disebar untuk seluruh daerah di Indonesia. Dengan telah adanya langkah cepat dari Kemenkes itu, sehingga tidak mengganggu para calon jamaah umroh, yang telah menjadwalkan keberangkatannya ke Arab Saudi.

Sebelumnya Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menjelaskan untuk vaksin meningitis yang akan didistribusikan pada awal Oktober 2022 dengan jumlah 250 ribu dosis vaksin itu, sudah dapat persetujuan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Kemenkes juga akan melakukan identifikasi terkait kondisi stok vaksin meningitis yang ada di seluruh Indonesia, yang tersedia Kantor Kesehatan Pelabuhan.

"Jadi untuk para calon jamaah umroh itu diharuskan untuk menerima vaksin meningitis minimal 10 hari sebelum melakukan perjalanan ke Arab Saudi. Semoga pada awal Oktober nanti sudah sampai ke seluruh daerah," tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kemenkes vaksin meningitis umroh
Editor : Feni Freycinetia Fitriani
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top