Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini 5 Negara Korupsi Terbesar di Dunia, Sudan Selatan Nomor Satu

Peringkat korupsi sudan selatan menempati urutan pertama. Simak penjelasan lengkapnya negara korupsi terbesar di dunia. 
Hana Fathina
Hana Fathina - Bisnis.com 27 September 2022  |  00:29 WIB
Ini 5 Negara Korupsi Terbesar di Dunia, Sudan Selatan Nomor Satu
Negara korupsi terbesar di dunia. - Freepik
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menurut data dari Transparency International, Sudan selatan merupakan negara korupsi terbesar di dunia. Selain Sudan, ada Suriah, Somalia dan Venezuela yang berada di tingkat teratas negara korupsi terbesar di dunia. 

Transparency International merupakan organisasi non pemerintah yang bekerja untuk mengakhiri ketidakadilan korupsi. Setiap tahun, website transparency.org merilis persepsi korupsi. Sudah menjadi negara korupsi terbesar di dunia karena masalah di Sudan Selatan sudah terlalu banyak seperti kemiskinan, perang saudara hingga korupsi di pemerintah. Korupsi berdampak pada ekonomi dan pembangunan di negara tersebut. 

Sementara itu, Indonesia berada di urutan 96 dari 180 negara. Indonesia mendapatkan skor 38 dari 100. Dari skala 1-100, menjelaskan tingkat persepsi koruptor di sektor publik. Nilai 0 berarti sangat korup sedangkan 100 berarti sangat bersih. Indonesia berada di peringkat yang sama dengan Argentina, Serbia, Brazil, Turki dan Lesotho. 

Berikut ini beberapa negara korupsi terbesar di dunia yang sudah dilansir dari berbagai sumber:

1. Sudan Selatan

Sudan Selatan menempati posisi pertama negara di dunia yang paling korup. Negara yang merdeka sejak Juli 2011 ini memiliki masalah kemiskinan, perang saudara hingga korupsi di pemerintah. Korupsi ini menjadi masalah yang paling berdampak pada ekonomi dan pembangunan di negara tersebut. 

Dalam Indeks Persepsi Korupsi, Transparency Internasional menggunakan skala nol hingga seratus untuk menunjukkan tingkat korupsi. Nol menunjukkan tingkat korupsi yang tinggi, sementara 100 menunjukkan tingkat yang bersih. Dari skala ini, Sudan Selatan menunjukkan skala 11/100. 

2. Suriah

Suriah memiliki skala korupsi 13/100. Tingkat keparahan korupsi ini juga digambarkan dalam laporan oleh sebuah asosiasi tahanan dan Orang Hilang di penjara Sednaya. Dilansir dari The Guardians, penangkapan dan pemerasan penduduk Suriah menjadi sumber utama pendapatan pemerintah Assad. 

3. Somalia

Menurut laporan dari Transparency, skor indeks korupsi Somalia hanya berada di angka 13 dari 100. Korupsi yang menjamur di Somalia bahkan terjadi di berbagai institusi negara, mulai dari pengadilan hingga pengadaan public. 

Dari laporan Gan Integrity, sistem pengadilan Somalia menjadi institusi yang paling berpotensi korupsi saat menangani urusan bisnis. Sangat disayangkan bahwa Lembaga ini tunduk pada intervensi politik dan mengalami korupsi tinggi sehingga membuat pengadilan tidak efektif. 

4. Venezuela

Venezuela merupakan negara dengan nama resmi Republik Bolivarian Venezuela. Negara yang berada di ujung utara Amerika ini ternyata memiliki indeks korupsi yang tinggi. Negara ini mendapatkan skor 14/100 sebagai salah satu negara paling korup. Meskipun memiliki cadangan minyak terbesar di dunia negara indah ini masih didera krisis ekonomi.

5. Korea Utara

Korea Utara dulu menjadi salah satu negara dengan tingkat korupsi yang tinggi. Korea Utara mendapatkan skor 16/100 persepsi korupsi. Negara ini menjadi salah satu negara paling repasif di dunia. Pemerintah membatasi kebebasan sipil dan politik termasuk kebebasan berekspresi, berserikat, berkumpul dan beragama. 

Pemerintah secara sistematis mengekstrak untuk membangun infrastruktur dan melaksanakan berbagai proyek. Tidak heran jika dengan kekuasaan mutlak di tangan pemerintah ini, tingkat korupsinya tinggi. 

Itulah beberapa negara dengan tingkat korupsi terbesar di dunia. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan kamu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

negara korupsi sejarah
Editor : Novita Sari Simamora
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top