Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Daftar 5 Negara Terpadat di Dunia, Indonesia Nomor Berapa?

Jumlah penduduk di setiap negara berbeda-beda. Bahkan ada negara yang memiliki penduduk yang banyak hingga disebut negara terpadat di dunia.
Hana Fathina
Hana Fathina - Bisnis.com 22 September 2022  |  13:42 WIB
Daftar 5 Negara Terpadat di Dunia, Indonesia Nomor Berapa?
Negara terpadat di dunia
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Jumlah penduduk di sebuah negara pasti akan terus berubah. Negara paling padat di dunia populasinya bisa mencapai jutaan hingga milyaran jiwa. Data PBB menunjukkan sejauh ini tiga besar negara terpadat bisa mencapai jutaan hingga milyaran jiwa. 

Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan perubahan jumlah penduduk di setiap negaranya. Antara lain, kelahiran, migrasi dan kematian. Ketiganya saling berhubungan sehingga penduduk dalam suatu wilayah. 

Berikut ini beberapa negara terpadat di dunia yang sudah dilansir dari berbagai sumber:

1. Tiongkok 

Negara pertama yang terpadat di dunia yaitu Tiongkok. Negeri Tirai Bambu ini memiliki jumlah penduduk sekitar 1,4 miliar. Pada negara tersebut terdapat banyak etnis yang mendiami negara tersebut. 

Setidaknya ada ada 56 etnisitas yang diakui dengan mayoritas etnis Han mendominasi dengan jumlah populasi hampir 93 persen. Sementara itu, penduduk Han juga sangat heterogen dan dianggap sebagai kumpulan berbagai etnik yang memiliki budaya dan Bahasa yang sama. 

2. India 

India menjadi negara kedua yang merupakan negara terpadat di dunia setelah Tiongkok. Pada tahun ini jumlahnya mencapai lebih dari satu miliar jiwa atau hingga 1.412 juta jiwa. Angkat tersebut menunjukkan peningkatan yang signifikan, jika dibandingkan dengan tahun 1990 yang mencapai 861 jiwa. Pada tahun 2050, India diperkirakan akan menggeser China sebagai negara dengan penduduk terbanyak di dunia, dengan jumlah mencapai 1.668 juta jiwa. 

3. Amerika Serikat

Pada tahun 2020 lalu, jumlah penduduk Amerika Serikat mencapai 331,9 juta. Amerika Serikat merupakan negara republic konstitusional federal yang terdiri atas 50 negara bagian dan sebuah distrik federal. 

Amerika Serikat juga termasuk negara dalam kelompok negara terpadat di dunia. Negara ini memiliki luas wilayah sekitar 9,8 juta km persegi. Negara ini termasuk negara maju dengan sumber daya alam yang melimpah mulai dari emas, batu bara, minyak dan tanah yang luas serta subur. 

4. Indonesia 

Jumlah penduduk Indonesia tahun 2020 sebanyak 247,9 juta. Kementerian Dalam Negeri menyebutkan bahwa pada 2021 lalu, provinsi dengan jumlah penduduk terbanyak yaitu Jawa Barat. 

Indonesia merupakan negara yang majemuk dengan berbagai suku yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Secara legalitas, situs kewarganegaraan sudah diatur dalam Undang-Undang nomor 12 tahun 2006. 

5. Nigeria 

Jumlah penduduk terbanyak di Nigeria sebanyak 208,6 juta jiwa. Nigeria merupakan negara berdaulat di Afrika Barat dan berbatasan langsung dengan Benin, Chad, Kamerun dan Niger. Nigeria memiliki 36 negara bagian dan satu teritorial ibukota federal. Tidak hanya itu, Nigeria juga memiliki 774 wilayah pemerintahan darat. Dari segi kepercayaan, penduduk Nigeria Sebagian besar memeluk agama Kristen dengan presentasi 51,5 persen. 

Itulah beberapa negara terpadat di dunia yang wajib anda ketahui, dan Indonesia masuk kedalam 5 besar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

negara nigeria indonesia
Editor : Novita Sari Simamora
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top