Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Politisi PKS Setuju Usul Megawati Soal Nomor Urut Parpol pada Pemilu 2024 Tak Berubah

Mardani Ali Sera mengatakan usulan Megawati soal nomor urut parpol merupakan ide yang bagus, namun dengan beberapa cacatan.
Surya Dua Artha Simanjuntak
Surya Dua Artha Simanjuntak - Bisnis.com 17 September 2022  |  20:32 WIB
Politisi PKS Setuju Usul Megawati Soal Nomor Urut Parpol pada Pemilu 2024 Tak Berubah
Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera. -Bisnis.com - Samdysara Saragih
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Bidang Koordinasi Kehumasan Mardani Ali Sera mengatakan usulan Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri terkait nomor urut partai politik (parpol) merupakan ide yang bagus.

Sebelumnya, Megawati mengatakan sudah mengusulkan kepada KPU agar nomor urut parpol peserta Pemilu tak diubah untuk Pemilu 2024 dan berikutnya. Dia menjelaskan, alat kampanye parpol harus diubah setiap kali Pemilu karena nomor urut mereka juga selalu berubah.

Hal tersebut, menurutnya, sangat membebani keuangan partai. Megawati mengatakan jika nomor urut parpol tak diubah, partai bisa menggunakan alat kampanye yang sama untuk Pemilu berikutnya.

“Kalau buat saya ide yang bagus,” ujar Mardani saat ditemui setelah diskusi Ngopi dari Seberang Istana: 2024 Panggung Sandiwara atau Perubahan? di Amaris Hotel Juanda, Jakarta, Sabtu (17/9/2022).

Dia menerangkan, ide tersebut tak bertentangan dengan konstitusi. Meski begitu, Mardani memberi catatan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebelum menerima usulan Megawati.

Menurutnya, KPU harus memperhatikan partai yang belum pernah ikut Pemilu. Dia memprediksi, kemungkinan besar partai-partai baru akan banyak mengeluh karena merasa tak diperlakukan secara sama.

“Kan gini, equal treatment-nya kan perlu, oke sembilan partai ini lolos, misalkan, nomornya tetap, tapi partai-partai baru [nomornya]-nya kan berubah. Nanti partai baru bilang, enggak adil dong, kami baru dikenal, mereka sudah,” jelas Mardani.

Anggota Komisi II DPR tersebut menambahkan, dia akan menyerahkan keputusan kepada KPU. Meski begitu, dia menekankan, KPU juga harus menerima masukan dari para partai baru untuk menjunjung nilai perlakuan yang sama.

“Karena kita sekarang equal treatment, semua partai yang lolos diberlakukan sama, kalau ada yang komplain, ya KPU pasti harus mendengarkan,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Pemilu 2024 Pilpres 2024 pks megawati
Editor : Andhika Anggoro Wening
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top