Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Demokrat Sambut Baik Kesiapan Anies Maju Jadi Capres

Partai Demokrat menyambut baik kesiapan Anies Baswedan maju sebagai capres di ajang Pilpres 2024.
Surya Dua Artha Simanjuntak
Surya Dua Artha Simanjuntak - Bisnis.com 16 September 2022  |  21:04 WIB
Demokrat Sambut Baik Kesiapan Anies Maju Jadi Capres
Demokrat Sambut Baik Kesiapan Anies Maju Jadi Capres - Bisnis / Pernita Hestin Untari
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Partai Demokrat menyambut baik kesiapan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk maju sebagai calon presiden (capres) di Pilpres 2024.

Koordinator Juru Bicara DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra mengatakan bahwa partainya selalu senang jika ada tokoh bangsa yang ingin maju sebagai pemimpin negara. Apalagi, lanjutnya, tokoh tersebut punya elektabilitas tinggi.

"Ya kalau kami semakin banyak putra-putri terbaik bangsa ini yang punya kapasitas, kapabilitas, integritas, apalagi elektabilitas, berkenan maju, ya itu sangat baik," ujar Herzaky di sela acara Pidato Kebangsaan Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Jakarta Convention Center, Jumat (16/9/2022).

Lebih lanjut, Herzaky enggan berkomentar terkait capres usungan Demokrat. Menurutnya, saat ini demokrat masih ingin membangun koalisi terlebih dahulu.

Dia menegaskan, Demokrat hanya memiliki 9,39 persen kursi di DPR, sehingga masih perlu membangun koalisi dengan partai lainnya untuk meraih ambang batas (presidential threshold) sebesar 20 persen.

Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengungkapkan empat kriteria yang harus dimiliki capres dan cawapres untuk diusung di Pilpres 2024.

Pertama, capres dan cawapres usungan Demokrat harus terjamin dan terbukti integritas dan kapasitasnya. Kedua, bakal capres dan cawapres juga harus punya popularitas di masyarakat.

"Pasangan itu juga harus memiliki elektabilitas atau dukungan terkuat dari rakyat," ungkap AHY saat menyampaikan pidato kebangsaan di Jakarta Conversation Center, Jumat (16/9/2022).

Ketiga, lanjut AHY, capres dan cawapres usungan Demokrat harus punya kedekatan, agar bisa saling melengkapi, sesuai semangat dwitunggal. Terakhir, mereka harus punya semangat perubahan dan perbaikan.

Diberitakan sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan dirinya siap maju sebagai calon presiden (capres) dalam Pemilu 2024. Hal tersebut diungkapkan olehnya kala wawancara dengan media asing di Singapura.

Dia juga menyinggung bahwa nihilnya kendaraan politik membuatnya memiliki ruang untuk berkomunikasi dengan semua parpol.

"Saya siap maju sebagai presiden jika ada partai yang menominasikan saya," kata Anies, pada Kamis (15/9/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Anies Baswedan partai demokrat agus harimurti capres
Editor : Aprianus Doni Tolok
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top