Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Simak 10 Fakta Unik Bendera Negara ASEAN, Wajib Anda Tahu!

Setiap bendera negara asean memiliki filosofinya sendiri. Berikut ini penjelasan fakta menarik mengenai bendera negara Asean.
Bendera negara Asean
Bendera negara Asean

Bisnis.com, JAKARTA - Jika kamu sudah mengajarkan pengetahuan umum tentang Indonesia kepada anak, sekarang kamu bisa mengenalkan negara-negara tetangga yang tergabung dalam Asean. Selain mengajarkan nama negara, Bahasa, lokasi dan mata unik, kamu juga bisa memberikan fakta unik bendera negara Asean kepada si anak. 

Asean atau perhimpunan bangsa-bangsa di Asia Tenggara beranggotakan 10 negara, termasuk juga Indonesia. Masing-masing negara memiliki bendera dengan warna dan filosofi yang berbeda-beda. Sebelum mengetahui lebih jauh tentang bendera ASEAN, kamu juga perlu tahu negara apa saja yang tergabung dalam Asean. 

Berikut ini adalah beberapa fakta unik bendera negara Asean yang sudah dilansir dari berbagai sumber:

1. Bendera Malaysia 
Bendera Malaysia dikenal dengan nama Jalur Gemilang. Bendera ini terdiri dari 4 warna yaitu merah, putih, biru dan juga kuning dengan maknanya masing-masing. Warna merah melambangkan keberanian, putih melambangkan kesucian, biru melambangkan perpaduan dan kuning pada bulan sabit dan bintang melambangkan warna para raja. 

Jalur Gemilang memiliki 14 garis merah dan putih sama lebar, sebagai simbol  kerajaan persekutuan dan 13 negara bagian Malaysia. Sementara bulan sabit melambangkan Islam sebagai agama resmi dan bintang bujur 14 merupakan tanda dari 13 bagian negara dan kerajaan persekutuan. 

2. Bendera Indonesia 
Bendera Indonesia disebut juga dengan Sang Merah Putih yang terdiri dari dua warna yaitu merah dan putih. Makna yang lazim diketahui adalah merah berani dan putih adalah suci. Namun, dibalik itu bendera Indonesia memiliki filosofi yang unik. Konon, warna merah dan putih pada bendera Indonesia berasal oleh mitologi Austronesia, suku bangsa yang pernah menetap di Kepulauan Nusantara. Di mana dalam mitologi Austronesia, merah dimaknai sebagai langit dan putih sebagai tanah. 

Setiap tanggal 17 Agustus, masyarakat Indonesia diwajibkan mengibarkan bendera Indonesia, tanpa terkecuali untuk memperingati hari kemerdekaan. Pengibaran Sang Merah Putih juga tidak sembarangan, harus sesudah matahari terbit dan sebelum matahari terbenam. 

3. Bendera Thailand 
Dalam Bahasa Thai, bendera Thailand disebut dengan Thong Trairong yang artinya bendera tiga warna. Bendera Thailand terdiri dari tiga warna yaitu merah, putih dan biru. Urutannya dimulai dari warna merah, putih, biru, putih dan merah. Warna-warna secara berurutan melambangkan negara kepercayaan kepada Tuhan raja, yang merupakan semboyan tidak resmi negara Thailand. 

Thailand pernah mengganti benderanya sebanyak tiga kali. Bendera pertama pada tahun 1855-1916 berwarna merah tanpa corak dan dilengkapi dengan berbagai simbol  gajah putih. Bendera kedua pada tahun 1916 diganti hampir mirip dengan yang digunakan sekarang. Yang berbeda adalah jalur biru dulunya berwarna merah. 

Bendera resmi Thailand yang sekarang digunakan sejak tahun 1917, setelah jalur merah di tengah bendera diganti menjadi biru. Bagi orang Thailand, biru adalah warna hari jumat dan merupakan hari kelahiran Raja rama VI. 

4. Bendera Singapura 
Dulu negara Singapura merupakan bagian dari Malaysia. Meskipun merupakan bagian Malaysia, namun Singapura sudah memiliki bendera sendiri yang diperkenalkan pada tahun 1959. Bendera ini untuk menggantikan bendera Union Jack yang telah berkibar selama 140 tahun, sejak tahun 1819-1959. 

Saat berpisah dengan Malaysia pada tahun 1965, Singapura sudah menggunakan bendera ini. Bendera Singapura mirip dengan bendera Indonesia, terdiri dari warna merah dan putih. Bedanya, pada bagian merah terdapat bulan sabit dan lima bintang yang tersusun melingkar. 

5. Bendera Filipina 
Makna warna pada bendera Filipina menggambarkan perjalanan sejarah yang dilalui oleh Filipina. Warna biru melambangkan masa-masa tenang, warna merah melambangkan masa lalu yang penuh dengan gejolak perang dan warna putih melambangkan kemurnian. 

Sementara segitiga sama sisi berwarna putih melambangkan trias politika. Simbol  matahari dengan 8 sinar sebagai simbol  8 provinsi terdahulu Filipina, terakhir 3 bintang kecil merupakan kepercayaan utama yang dianut rakyat Filipina, yaitu Katolik, Protestan dan Islam. 

6. Bendera Vietnam 
Bendera negara Vietnam terdiri dari 2 warna yaitu merah dan kuning. Meskipun terlihat sederhana, namun bendera Vietnam memiliki makna yang mendalam. Warna merah melambangkan perjuangan dan kesuksesan revolusi Vietnam. Bintang kuning di tengah bendera menandakan kepemimpinan Partai Komunis. Lalu bintang dengan lima sudutnya melambangkan lima golong pembentuk sosialisme yaitu cendikiawan, petani, tetang, buruh dan pemuda. 

Bendera ini dulunya digunakan oleh Vietnam Utara sejak tahun 1955. Sementara Vietnam Selatan juga memiliki bendera sendiri dengan didominasi warna kuning dengan tiga garis merah horizontal bagian tengah. 

7. Bendera Myanmar
Bendera negara di ASEAN yang letaknya paling barat ini terdiri dari warna kuning, hijau dan merah yang tersusun horizontal. Di bagian tengah terdapat simbol  bintang segi lima berwarna putih. Warna kuning melambangkan solidaritas, hijau untuk perdamaian dan merah bermakna keberanian. Simbol  bintang putih berarti persatuan rakyat Myanmar. 

8. Bendera Laos 
Bendera Laos mulai dikenalkan pada tahun 1975, dan terdiri dari warna biru dan merah yang tersusun secara horizontal. Ukuran bagian berwarna biru lebih besar dibandingkan dengan ukuran yang berwarna merah. Di tengah bendera, terdapat simbol  cakra atau lingkaran putih. 

Warna pada bendera Laos memiliki makna yang berbeda-beda. Warna merah melambangkan darah para pejuang yang telah gugur dan warna biru melambangkan kekayaan sumber daya dunia. Simbol  lingkaran putih melambangkan pantulan bulan purnama di atas Sungai Mekong, sekaligus kerukunan negara. 

9. Bendera Brunei Darussalam 
Negara Brunei Darussalam adalah negara bekas jajahan Inggris. Saat Inggris berkuasa di Brunei Darussalam atau sering juga disingkat dengan Brunei, negara yang berada di Barat Laut pantai Utara Kalimantan ini sudah memiliki bendera sendiri. Bendera itu dikenalkan pada tahun 1959. 

Bendera Brunei Darussalam didominasi warna kuning. Pada bagian tengah terdapat garis hitam dan putih. Diatasnya terdapat simbol  bulan sabit, payung, obor, sayap dan sepasang tangan menengadah. 

Simbol  ini memiliki makna khusus. Bulan sabit adalah lambang agama Islam, yang mayoritas penduduk Brunei beragama Muslim. Payung obor bermakna pemerintahan di bawah Sultan. Sementara simbol sayap bermakna keadilan, kedamaian, kemakmuran dan keamanan. 

10. Bendera Kamboja 
Bendera negara kamboja ini terdiri dari 2 warna yaitu merah dan warna biru. Dimana warna biru tersebut mengapit warna merah. Di bagian tengah, ada sebuah ilustrasi miniatur Angkor Wat, yaitu kompleks candi Hindu terbesar di dunia. Kemudian warna biru menyimbolkan keluarga kerajaan, lalu warna merah melambangkan negara dan simbol  Angkor Wat melambangkan agama. 

Itulah fakta-fakta menarik mengenai bendera negara asean, semoga bisa bermanfaat untuk Anda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hana Fathina
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper