Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Daftar 10 Negara Asean Beserta Pendiri dan Fakta Menariknya

Simak penjelasan lengkap daftar 10 negara Asean dan negara pendirinya yang wajib kamu tahu.
Negara-negara Asean
Negara-negara Asean

Bisnis.com, JAKARTA - Negara Asean terdiri dari negara-negara yang terletak di Asia Tenggara. Negara tersebut meliputi Indonesia, Malaysia, Thailand, Filipina, Singapura, Vietnam Brunei Darussalam, Laos, Myanmar dan kamboja. 

Kepanjangan Asean adalah Association of Southeast Asian Nations adalah sebuah organisasi geo politik dan ekonomi dari negara-negara di Kawasan Asia Tenggara, yang didirikan di Bangkok pada tanggal 8 Agustus 1967 berdasarkan Deklarasi Bangkok pada tanggal 8 Agustus 1967 berdasarkan deklarasi Bangkok oleh Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura dan Thailand. 

Asean dibentuk bertujuan untuk menggalang kerja sama antarnegara anggota dalam rangka mempercepat pertumbuhan ekonomi, mendorong perdamaian dan stabilitas wilayah, serta membentuk kerja sama dalam berbagai bidang kepentingan Bersama. Pada perkembangan berikutnya, organisasi ini membuat berbagai agenda yang signifikan di bidang politik seperti deklarasi Kawasan Damai, Bebas dan Netral yang ditandatangani pada tahun 1971. 

Berikut ini adalah beberapa negara pendiri Asean yang sudah dilansir dari berbagai sumber:

1. Indonesia 
Indonesia adalah negara kepulauan dengan total penduduk sekitar 272.229.372 jiwa (per Juni 2021). Negara ini terletak di antara benua Asia dan Australia. Posisi geografis yang berada sebagai titik silang perekonomian dunia ini pun sangat berpengaruh terhadap aktivitas perdagangan Indonesia. 

Indonesia sempat mengalami pahitnya kolonialisme Belanda dan juga Jepang. Setelah Jepang kalah di Perang Dunia II, Republik Indonesia akhirnya berdiri menjadi negara yang merdeka sejak 17 Agustus 1945. 


2. Thailand 
Thailand yang dijuluki sebagai Negeri Gajah ini adalah negara Asean yang tidak pernah merasakan kolonialisme bangsa Eropa. Berbatasan dengan Laos dan Kamboja, Thailand ini memiliki sistem pemerintahan berbentuk monarki konstitusional. Hal ini menjadikan kepala negara Thailand adalah seorang raja. 

Perihal keurusan kenegaraan dan pemerintahan, Thailand menyerahkan pekerjaan kepada seorang Perdana Menteri. Saat ini (2021), Prayut Chan-0-cha  menduduki posisi sebagai perdana menteri Thailand sejak tahun 2014 silam. 


3. Vietnam 
Vietnam sebenarnya sudah menyatakan ketertarikannya untuk gabung dengan Asean sejak tahun 1992. Pada akhirnya, di tahun 1995, negara dengan ibu kota Hanoi itu mengikuti jejak kawan-kawannya di Asia Tenggara untuk bergabung dengan Asean. 

Bentuk negara Vietnam adalah system republic komunis, dengan partai Komunis Vietnam tetap menjadi institusi politik yang dominan. Kepala negara Vietnam dijabat presiden, sementara urusan pemerintahan dipegang perdana menteri. Pham Minh Chinh baru saja terpilih jadi perdana Vietnam pada April 2021. 


4. Brunei Darussalam 
Brunei adalah salah satu negara kecil yang memiliki luas wilayah sekitar 5,765 km persegi. Negara ini memiliki standar hidup yang cukup tinggi, dan termasuk negara kaya di Asia. Sejak lama, Brunei mengandalkan minyak dan gas sebagai tulang punggung ekonomi. 

Terletak di bagian barat laut pulau Borneo (Kalimantan), Brunei adalah negara kesultanan Islam. Negara dengan ibu kota di Bandar Seri Begawan ini merdeka pada tahun 1984 setelah lama menjadi protektorat Inggris sejak 1888. 


5. Malaysia 
Sebagai salah satu negara pelopor Asean, negara tetangga Indonesia ini memiliki 13 Negara di bagian bawah 3 wilayah federal. Setelah lepas dari jajahan Inggris, Malaysia sekarang menjadi bagian dari Commonwealth. 

Negara dengan ibu kota di Kuala Lumpur ini memiliki Bahasa nasional yaitu Bahasa Malaysia, dengan mata uang Malaysian Ringgit. Saat ini, pemerintahan Malaysia menganut demokrasi parlementer dengan sistem monarki konstitusional. Oleh karena itu, raja berperan sebagai kepala Negara sementara perdana menteri menduduki posisi sebagai kepala pemerintahan. 

Negara anggota Asean

1. Kamboja 
Kepala negara Kamboja adalah Raja sementara kepala pemerintahannya yaitu Perdana Menteri. Ibu kota negara ini memiliki luas wilayah 181. 035 km persegi ini adalah Phnom Penh. Negara Asean ini berpenduduk 15.76 juta jiwa ini merayakan hari kemerdekaan pada 9 November. Selain itu, negara ini memiliki PDB sebanyak US$ 20,9 miliar pada tahun 2017 dan menggunakan Riel (KHR) sebagai mata uang resmi. 


2. Laos 
Laos merupakan satu-satunya negara Asean yang tidak memiliki laut dengan luas wilayah 237.955 km persegi. Kepala negara di laos adalah Presiden sementara kepala pemerintahan adalah Perdana Menteri. 


3. Malaysia 
Malaysia memiliki kepala negara seorang Raja dan Perdana Menteri sebagai kepala pemerintahan. Negara yang beribu kota di Kuala Lumpur ini merayakan hari kemerdekaannya setiap 31 Agustus. 


4. Filipina 
Filipina ini memiliki kepala negara dan kepala pemerintahan yang sama yakni presiden. Negara yang beribukota di Manila ini merayakan hari kemerdekaannya setiap 12 Juni. Bahasa resmi yang digunakan adalah Bahasa Tagalog dan inggris serta menggunakan kyat sebagai mata uang. 


5. Thailand 
Thailand memiliki kepala negara seorang Raja dan Perdana Menteri sebagai kepala pemerintahannya. Negara yang beribu kota di Bangkok ini merayakan hari kemerdekaannya setiap tanggal 5 Desember. 

6. Singapura 
Singapura memiliki jumlah penduduk 5,61 juta jiwa dan luas wilayah 721,5 km persegi. Kepala negara Singapura adalah presiden sementara kepala pemerintahannya adalah perdana menteri. 


7. Vietnam 
Vietnam memiliki kepala negara seorang presiden dan perdana menteri sebagai kepala pemerintahannya. Negara yang beribu kota di Ho Chi Minh ini merayakan hari kemerdekaannya setiap tanggal 5 September. 


8. Myanmar 
Myanmar memiliki kepala negara dan kepala pemerintahan yang sama yaitu presiden. Negara yang beribu kota di Nay Pyi Taw ini merayakan hari kemerdekaannya setiap 4 Januari. Bahasa resmi yang digunakan adalah Burma dan menggunakan mata uang Kyat. 


9. Indonesia 
Indonesia memiliki kepala negara dan kepala pemerintahannya yang sama yaitu Presiden. Negara yang beribu kota di Jakarta ini merayakan hari kemerdekaannya pada tanggal 17 Agustus. 


10. Brunei Darussalam 
Negara yang dipimpin oleh sultan ini merayakan hari kemerdekaannya pada tanggal 23 Februari. Beribu kota di Bandar Seri Begawan, Brunei menggunakan Bahasa Melayu, Inggris dan Mandarin sebagai Bahasa resminya. 

Itulah 10 negara asean beserta profil singkatnya yang wajib kamu tahu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hana Fathina
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper