Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mengenal Dasar Negara Indonesia, Sejarah dan Fungsinya

Pancasila sebagai dasar negara  dijadikan pedoman dan prinsip dasar dalam kehidupan sehari-hari.
Hana Fathina
Hana Fathina - Bisnis.com 14 September 2022  |  13:29 WIB
Mengenal Dasar Negara Indonesia, Sejarah dan Fungsinya
Mengenal dasar negara Indonesia, sejarah dan fungsinya
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Dasar negara Indonesia adalah Pancasila. Pancasila memiliki sejarah Panjang sebelum akhirnya menjadi Pancasila yang kita kenal saat ini. Hal ini tercantum dalam tiap sila Pancasila. Kelima sila tersebut saling berkaitan dan membentuk satu kesatuan utuh yang tidak dapat dipisahkan. Secara garis besar, arti Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup adalah Pancasila dijadikan pedoman dan prinsip dasar kehidupan sehari-hari. 

Berikut ini penjelasan tentang dasar negara Indonesia yang sudah dilansir dari berbagai sumber:

1. Sejarah Pancasila 

Pada tanggal 1 Juni 1945, Soekarno berpidato dalam sidang BPUPKI pertama mengenai rumusan dasar negara Indonesia. Rumusan tersebut dinamakan Pancasila. Pancasila diambil dari Bahasa Sansekerta panca yang berarti lima dan syila yang berarti alas atau dasar. Sedangkan menurut huruf Dewanagari, syila memiliki arti peraturan tingkah laku baik.

Lima asas tersebut yaitu: nasionalisme atau kebangkitan nasional, internasionalisme atau peri kemanusiaan, mufakat atau demokrasi, kesejahteraan sosial dan ketuhanan yang berkebudayaan. 

Perumusan Pancasila dilakukan sebanyak dua kali, pada sidang BPUPKI pertama dan sidang BPUPKI kedua. Sidang BPUPKI kedua dilaksanakan tanggal 10 hingga 16 Juli 1945. Pada 18 Agustus 1945 dilaksanakan sidang PPKI. Pada sidang inilah Pancasila disahkan sebagai dasar negara Indonesia. Meskipun baru disahkan, nilai-nilai yang terkandung di dalamnya telah diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari rakyat Indonesia.

2. Arti Pancasila sebagai pandangan hidup 

Menurut Eka Periaman Zai dalam buku Pancasila sebagai Dasar dan Ideologi Negara (2020), Pancasila sebagai pandangan hidup berarti Pancasila merupakan prinsip dasar kehidupan masyarakat Indonesia. Pancasila sebagai pandangan hidup berarti Pancasila merupakan prinsip dasar kehidupan masyarakat Indonesia. Pancasila sebagai pandangan hidup sering juga disebut dengan way of life, pegangan hidup, pedoman hidup, pandangan dunia atau petunjuk hidup. 

Meskipun ada banyak istilah, namun pada dasarnya bermakna sama. Pancasila digunakan sebagai petunjuk dalam kehidupan sehari-hari, baik dari segi sikap ataupun perilaku yang harus dijiwai. Sebagai pandangan hidup bangsa, Pancasila merupakan hasil kristalisasi dari berbagai pengalaman hidup dalam sejarah bangsa Indonesia. 

Pengalaman hidup tersebut kemudian membentuk sikap, watak, perilaku, tata, nilai, moral dan etika yang pada akhirnya melahirkan pandangan hidup bangsa. Dalam pelaksanaannya sebagai dasar negara atau pandangan hidup, nilai-nilai Pancasila tidak dapat dipisahkan dan akan selalu menjadi satu kesatuan utuh yang saling berkaitan. 

3. Fungsi Pancasila sebagai dasar negara 

Segala yang berkaitan dengan dengan penyelenggaraan ketatanegaraan RI harus berlandaskan pada Pancasila. Dengan begitu, maka Pancasila memiliki banyak fungsi penting dalam negara Indonesia, beberapa diantaranya seperti: 

  • Pancasila menjadi dasar dalam mengatur pelaksanaan pemerintahan 
  • Sumber segala sumber hukum atau sumber tertib hukum di Indonesia. 
  • Cita-cita hukum bagi hukum negara 
  • Mewajibkan pemerintahan maupun penyelenggara negara lain memegang teguh cita-cita rakyat yang luhur Sumber semangat bagi rakyat serta pejabat negara 
  • Pandangan hidup bangsa 
  • Dasar negara Republik Indonesia
  • Cerminan jiwa dan kepribadian negara Indonesia 

Itulah penjelasan singkat mengenai dasar negara indonesia, dan jadikan pancasila sebagai pedoman hidup dalam kehidupan sehari-hari anda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

indonesia negara pancasila
Editor : Novita Sari Simamora
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top