Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Simak Sejarah Alat Musik Marakas, dan Cara Memainkannya

Alat musik marakas ini berasal dari amerika selatan, dimana instrument ini dibuat dari labu berongga dan diisi dengan biji-bijian.
Alat musik marakas
Alat musik marakas

Bisnis.com, JAKARTA - Alat musik marakas dikenal dengan rumba shaker, dimana marakan merupakan sebuah alat perkusi tangan yang dimainkan berpasangan. Sebutan alat musik ini juga berbeda-beda di setiap negara. Ada yang menyebutnya dengan maraccas, marak, mbara’ka dan maracax’a. Di Indonesia, alat musik ini lebih sering dikenal dengan sebutan “ecrek-ecrek” yang memang merujuk pada bunyi yang dihasilkan. 

Bentuk dan ukuran dari alat musik ini bermacam-macam. Ada yang berbentuk lonjong, telur kecil hingga apel besar. Material luarnya tersebut terbuat dari kulit hewan atau labu yang sudah mengering. Namun, selain dua bahan tersebut, ternyata ada bahan lain yang bisa digunakan untuk membuat marakas. Yaitu kayu, kelapa, plastik, Jerami atau sejenis buah squash. 

Berikut hal menarik tentang marakas yang sudah dilansir dari berbagai sumber:

Cara memainkan alat musik marakas

  1. Memilih dua buah marakas yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Ketika memilih marakas, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan seperti ukuran dan bahannya. Kedua hal tersebut memengaruhi kualitas nada dan volume yang dihasilkan. 
  2. Memegang masing-masing instrumen dengan kedua tangan. Posisi alat musik marakas harus terlihat tegak lurus dengan bagian kepala ada di atas. 
  3. Kemudian goyangkan marakas dengan pergelangan tangan secara cepat, mulai dari bagian atas menuju bagian bawah. 
  4. Lalu, lakukan hal serupa, tetapi dengan arah yang sebaliknya (atas). Marakas akan menghasilkan suara meskipun hanya dengan menggerakannya saja. 
  5. Pemain alat musik marakas bisa menambahkan kecepatan Gerakan dari atas ke bawah. Namun, perlu diingat juga bahwa bagian kepala instrument haruslah tegak lurus. 
  6. Apabila sudah terbiasa memainkan marakas menggunakan Teknik dasar tersebut, maka bisa dilanjutkan dengan melakukan berbagai improvisasi tempo. Selain itu, pergerakan juga dapat dikombinasikan dengan  menggunakan tarian sederhana agar terlihat lebih menarik. 

Sejarah alat musik marakas

Pada zaman dahulu, masyarakat yang bertempat tinggal di wilayah Benua Afrika dan juga Amerika Selatan telah menggunakan alat musik marakas ini secara tunggal. Dimana dulunya instrument ini dimainkan dengan tujuan sebagai alat untuk penyembuhan dalam berbagai macam jenis ritual daerah. 

Namun, yang perlu kamu ketahui adalah, bahwa alat musik marakas ini juga masih menjadi bagian penting dalam berbagai grup musik yang berada di Amerika Latin, misalnya adalah Charanga, Cuba, Rumba, Trova Ensemble, dan juga sejumlah band besar lainnya yang sering menggunakan alat musik ini. 

Hingga pada zaman saat ini, instrumen marakas masih bisa ditemukan di berbagai negara. Bahkan keberadaan musik ini juga memiliki peran penting dalam berbagai musik-musik tertentu. Instrument marakas dilengkapi dengan pegangan atau yang biasanya disebut dengan kayu silinder, kayu tersebut berfungsi agar marakas mudah digenggam saat dimainkan. 

Itulah fakta-fakta menarik dari alat musik marakas yang bisa kamu ketahui, semoga bermanfaat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hana Fathina
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper