Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jokowi: Rusia dan Ukraina Terima Indonesia Sebagai Penengah

Rusia dan Ukraina disebut merima posisi Indonesia sebagai konflik yang sudah berlangsung sejak 6 bulan lalu.
Surya Dua Artha Simanjuntak
Surya Dua Artha Simanjuntak - Bisnis.com 16 Agustus 2022  |  11:47 WIB
Jokowi: Rusia dan Ukraina Terima Indonesia Sebagai Penengah
Presiden Joko Widodo didampingi Iriana Joko Widodo tiba di Komplek Parlemen untuk mengikuti sidang tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR-DPD di Jakarta, Selasa (16/8/2022). Biro Pers Sekretariat Presiden - Laily Rachev
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengklaim kepercayaan internasional kepada Indonesia naik signifikan.

Jokowi mencontohkan, dalam mengatasi konflik antara Rusia dengan Ukraina, kedua negera menerima Indonesia sebagai jembatan penengah.

"Indonesia diterima oleh Rusia dan Ukraina sebagai jembatan perdamaian," ujar Jokowi saat menyampaikan pidato di Sidang Tahunan MPR-DPR, Kompleks Senayan, Jakarta, Rabu (16/8/2022).

Selain itu, klaim Jokowi, negara-negara besar dunia juga tak sungkan menerima Indonesia meski situasi gepolitik dunia sedang panas.

Tak sampai situ, lanjutnya, Indonesia juga dipercaya Peeserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) sebagai Champions dari Global Crisis Response Group untuk penanganan krisis global.

Tahun ini, Indonesia juga terpilih jadi Presiden G20 dan tahun depan jadi ketua ASEAN. Dari banyak contoh tersebut, Jokowi merasa Indonesia sedang ada di puncak kepemimpinan dunia.

"Artinya, kita berada di puncak kepemimpinan global dan memperoleh kesempatan besar untuk membangun kerja  sama internasional," tegasnya.

Kepercayaan internasional tersebut, menurut Jokowi, juga terasa di dalam negeri. Oleh sebab itu, pemerintah akan berusaha meningkatkan iklim usaha masyarakat.

"Reformasi struktural untuk daya saing dan iklim berusahaterus kita lakukan. Ekosistem investasi dan pertumbuhan UMKM terus kita perbaiki," jelasnya.


 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi Rusia Ukraina
Editor : Edi Suwiknyo
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top