Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BRIN Kembangkan ZeroCov, Alat Steriliasi Pembasmi Patogen

Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) mengembangkan alat sterilisasi udara bernama ZeroCov untuk mendisinfeksi ruangan secara fisik maupun kimia.
Ilustrasi - Varian baru Virus Corona SARS-CoV-2./Antara
Ilustrasi - Varian baru Virus Corona SARS-CoV-2./Antara
Bisnis.com, JAKARTA – Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) melalui Organisasi Riset (OR) Elektronika dan Telekomunikasi mengembangkan alat sterilisasi udara bernama ZeroCov untuk mendisinfeksi ruangan secara fisik maupun kimia.
Alat itu menggunakan ultraviolet tipe C (disinfeksi secara fisik) dan senyawa fenol (disinfeksi secara kimia), dan diklaim dinyatakan mampu membunuh hingga 99,7-100 persen patogen yang ada di udara. 
 
“Pengembangan alat sterilisasi ZeroCov ini menjadi dampak dari adanya pandemi Covid-19 sejak awal tahun 2020. Pandemi  memaksa masyarakat untuk hidup berdampingan dengan Virus Corona,” ucap Peneliti Ahli Madya Pusat Riset Lingkungan dan Teknologi Bersih Desak Fede Sri Andayani dalam seminar Inovasi Teknologi BRIN dalam Menghadapi Lonjakan Covid-19, Rabu (27/7/2022). 
 
Desak mengatakan, gabungan sinar UVC dan senyawa fenol yang digunakan dalam alat ZeroCov mampu menonaktifkan berbagai jenis mikroorganisme, termasuk virus SARS CoV-2. 
   
Dia menuturkan, bahwa pancaran UVC yang dikeluarkan dari alat ZeroCov mampu menghancurkan kandungan asam nukleat pada berbagai jenis mikroorganisme, yang di mana hal tersebut dapat menyebabkan gangguan pada DNA/RNA bakteri, jamur, maupun virus sehingga ketiganya tidak dapat melakukan fungsi vitalnya secara maksimal. 
 
Sementara itu, cara kerja alat ZeroCov ini dimulai dengan penyaringan terhadap debu pasif yang terkandung pada udara bebas di sekitar alat. Kemudian, udara yang berhasil disaring pada tahap sebelumnya akan masuk ke dalam tahap pembilasan hasil saringan, dengan menggunakan larutan disinfektan atau reservoir larutan disinfektan. 
 
Selanjutnya, tahapan pembersihan udara akan dilanjutkan dengan tahap penguapan larutan disinfektan. Adapun tahap tersebut dilakukan hingga larutan disinfektan berubah menjadi bentuk uap atau yang biasa disebut dengan honey comb. 
 
"Kemudian, terjadi inaktivasi mikroorganisme di dalam UVC box, yang akhirnya akan menghasilkan udara bersih dan uap disinfektan," jelas Desak. 
Berdasarkan bentuknya, alat Zerocov dilengkapi dengan jenis desain yang mampu merefleksikan sinar UV dengan secara sempurna, yang dapat menyasar ke seluruh bagian-bagian di ruangan tertutup. 
 
Lebih lanjut, Desak menyebut bahwa alat tersebut memiliki sifat yang sangat fleksibel dan aplikatif, ZeroCov dapat digunakan di berbagai jenis fasilitas publik seperti sekolah, tempat ibadah, fasilitas publik, hotel, mal, hingga pada sejumlah jenis transportasi umum. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper