Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sandiaga Uno Ajak Delegasi KTT W20 Jelajahi Keindahan Danau Toba

KTT atau W20 Summit digelar pada 19-21 Juli 2022 di wilayah wisata Danau Toba, Simalungun, Sumatra Utara.
Wahyu Arifin
Wahyu Arifin - Bisnis.com 19 Juli 2022  |  19:43 WIB
Sandiaga Uno Ajak Delegasi KTT W20 Jelajahi Keindahan Danau Toba
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno memberikan sambutansaat pembukaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) atauWomen20 (W20) Summit, di Hotel Niagara, tepian Danau Toba, Selasa (18/7/2022) - Dokumentasi W20
Bagikan

Bisnis.com, SIMALUNGUN - Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) atau Women20 (W20) Summit resmi dimulai di wilayah wisata Danau Toba, Simalungun, Sumatra Utara, Selasa (19/7/2022).

Forum ini berlangsung pada 19-21 Juli 2022 dan akan dihadiri 41 delegasi dari 15 negara. W20, salah satu Engagement Group G20 Indonesia Presidency 2022, pada hari terakhir akan menyerahkan komunike atau rekomendasi kepada Presiden Joko Widodo.

Dalam seremoni pembukaan KTT W20, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengaku sangat senang forum tersebut digelar di Danau Toba yang merupakan salah satu tujuan wisata super prioritas di Indonesia.

Apalagi, jelas dia, danau yang luasnya lebih besar dari Singapura ini dikelilingi oleh pegunungan yang menakjubkan dengan udara semilir yang sejuk.

“Saya harap Anda dapat meluangkan waktu untuk menjelajahi danau yang mempesona dan daerah sekitarnya,” ungkapnya kepada para delegasi yang hadir dalam seremoni pembukaan KTT W20.

Selain pemandangan alam yang indah, jelas dia, masyarakat di sekitar kawasan ini juga menawarkan potensi ekonomi kreatif yang luar biasa.

Untuk lebih memanfaatkan potensi tersebut, kata Sandi, Kemenparekraf dan berbagai mitra sejak tahun lalu mengkampanyekan “Danau Toba – Beli Produk Kreatif”.

“Sekitar 200 UMKM dari sekitar Danau Toba mengikuti program ini dan sebagai hasilnya pendapatan mereka meningkat 100% dan tenaga kerja mereka meningkat tiga kali lipat,” jelasnya.

Sebagai informasi, KTT W20 berfokus membahas topik kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan, terutama perempuan marjinal yang berada di pedesaan dan penyandang disabilitas.

Isu-isu yang dibahas tersebut terkait erat dengan bahasan di Working Group maupun Engagement Group di seluruh Presidensi G20. Selanjutnya, rekomendasi atau komunike dari W20 akan dibawa di KTT G20 yang rencananya digelar pada 15-16 November 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

G20 Indonesia sandiaga uno danau toba
Editor : Oktaviano DB Hana
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top