Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Rudal Ukraina Hantam Gudang Senjata Rusia di Kherson, Tujuh Orang Tewas

Serangan rudal Himars milik Ukraina menewaskan sedikitnya tujuh orang setelah menghantam sebuah gudang senjata kota Nova Kakhovka, yang dikuasai Rusia di wilayah Kherson.
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 13 Juli 2022  |  08:33 WIB
Rudal Ukraina Hantam Gudang Senjata Rusia di Kherson, Tujuh Orang Tewas
Serangan rudal Himars milik Ukraina menewaskan sedikitnya tujuh orang setelah menghantam sebuah gudang senjata kota Nova Kakhovka, yang dikuasai Rusia di wilayah Kherson. - The Moscow Times
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Serangan rudal Himars milik Ukraina menewaskan sedikitnya tujuh orang setelah menghantam sebuah gudang senjata kota Nova Kakhovka, yang dikuasai Rusia di wilayah Kherson. Dikabarkan rudal tersebut merupakan bantuan Amerika Serikat (AS).

Serangan itu menghantam sebuah gudang di dekat jalur kereta api utama dan sebuah bendungan di Sungai Dnipro. Dikutip dari TheGuardian.com, Rabu (13/7/2022), pencitraan dari sistem kebakaran global milik NASA menunjukkan sejumlah kebakaran di gedung-gedung di sekitar lokasi ledakan.

Kyiv menyatakan serangan itu menghancurkan gudang senjata, menghantam artileri, hingga kendaraan lapis baja milik Rusia. Ukraina juga melakukan operasi khusus untuk tawanan militer di wilayah yang dikuasai Moskow.

Pejabat lokal yang didukung Rusia menuduh Ukraina merusak infrastruktur sipil. Mereka menyatakan bahwa ledakan itu adalah hasil dari serangan sistem rudal Himars AS yang baru dipasok Ukraina. Dilaporkan bahwa sejumlah serangan baru-baru ini di gudang amunisi dan pusat komando Rusia dilakukan dengan menggunakan rudal yang sama.

Sementara itu, di wilayah Donetsk, tim layanan darurat Ukraina terus menggali korban yang terperangkap di apartemen akibat serangan Rusia di sebuah blok di Chasiv Yar dengan jumlah korban tewas telah mencapai 38 orang. Menurut tim penyelamat, jenazah terakhir yang ditemukan adalah seorang anak.

Layanan darurat juga terus menggali untuk menyelamatkan lima orang yang terperangkap di bawah bangunan lima lantai yang runtuh.

Serangan semalam di Nova Kakhovka adalah yang keempat kalinya dalam beberapa hari terakhir dilakukan Ukraina dengan sasaran pergudangan di kota itu. Beberapa analis memperkirakan Ukraina juga akan menghancurkan kedua gudang senjata utama Rusia yang melayani kota Kherson.

Pasukan Rusia sebagian besar telah menduduki provinsi Kherson, yang terletak di sebelah kiri semenanjung Krimea yang dianeksasi Rusia pada 2014. Rusia telah merebut kota utama provinsi itu yang juga disebut Kherson pada 3 Maret llau. Kota itu adalah kota besar pertama yang jatuh setelah dimulainya operasi militer Moskow di Ukraina pada akhir Februari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Perang Rusia Ukraina Ukraina Rusia rudal
Editor : Aprianus Doni Tolok
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top