Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rishi Sunak Deklarasi Calon PM Inggris, Janjikan Potong Pajak Saat Inflasi Terkendali

Sunak akan menggunakan deklarasi kampanye untuk membalas para pesaingnya dari partai Konservatif yang telah mengusulkan sejumlah besar program pemotongan pajak dan secara implisit mengkritiknya saat menjabat sebagai Menkeu.
Menteri Keuangan Inggris Rishi Sunak di London, Inggris, 24 Oktober 2021./Antara-Reuters
Menteri Keuangan Inggris Rishi Sunak di London, Inggris, 24 Oktober 2021./Antara-Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Mantan Menteri Keuangan Inggris Rishi Sunak akan mendeklarasikan pencalonannya sebagai Perdana Menteri Inggris pada hari ini Selasa (12/7/2022). Ia berjanji untuk untuk memotong pajak begitu inflasi terkendali.

Dilansir Bloomberg, Sunak akan menggunakan deklarasi kampanye untuk membalas para pesaingnya dari partai Konservatif yang telah mengusulkan sejumlah besar program pemotongan pajak dan secara implisit mengkritiknya saat menjabat sebagai Menkeu.

Sunak saat ini adalah yang terdepan dalam kontestasi pengganti PM Boris Johnson yang mengundurkan diri pekan lalu, dengan jumlah dukungan terbesar dari sesama anggota parlemen.

“Begitu kita mengatasi inflasi, saya akan menurunkan beban pajak. Ini adalah soal 'kapan', bukan 'jika'," ungkap Sunak seperti dikutip Bloomberg, Selasa (12/7/2022).

Sebelas kandidat kuat untuk menjadi pemimpin Inggris berikutnya akan mulai diseleksi pada hari Selasa, dengan para pesaing membutuhkan dukungan 20 anggota parlemen untuk masuk ke dalam pemungutan suara. Putaran pertama pemungutan suara di antara anggota parlemen Konservatif akan diadakan pada hari Rabu.

Orang dengan jumlah suara terendah akan tersingkir di setiap putaran. Calon yang menerima kurang dari 30 suara juga akan tersingkir dalam putaran selanjutnya.

Kelemahan Sunak dalam perlombaan menjadi PM Inggris adalah bahwa ia menaikkan beban pajak Inggris ke level tertinggi sejak 1940-an selama jabatannya di Departemen Keuangan untuk membayar pengeluaran era pandemi.

Dalam bulan-bulan terakhirnya sebelum mengundurkan diri pekan lalu, Sunak menolak seruan untuk memotong pajak karena takut memicu inflasi, yang diperkirakan mencapai 11 persen pada Oktober.

Pesaing lain dalam perlombaan termasuk Menteri Luar Negeri Liz Truss, Mantan Menteri Kesehatan Sajid Javid, Menteri Perdagangan Penny Mordaunt dan Tom Tugendhat, yang merupakan ketua komite pemilihan urusan luar negeri Parlemen.

Selain pemotongan pajak, janji sejumlah kandidat lainnya termasuk termasuk pemotongan Asuransi Nasional, pajak gaji yang dinaikkan Sunak pada bulan April, dan membalikkan rencana kenaikan pajak perusahaan Sunak dari 19 persen menjadi 25 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper