Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jadi Runner up di Malaysia Open 2022, Fajar/Rian: Kami Kurang Berani!

Fajar/Rian Ardianto harus puas menjadi runner up di ajang bulu tangkis Malaysia Open 2022 karena banyak kesalahan yang mereka lakukan, ditambah Hoki/Kobayashi yang tampil apik.
Fajar/Rian Ardianto harus puas menjadi runner up di ajang bulu tangkis Malaysia Open 2022 karena banyak kesalahan yang mereka lakukan, ditambah Hoki/Kobayashi yang tampil apik / PBSI
Fajar/Rian Ardianto harus puas menjadi runner up di ajang bulu tangkis Malaysia Open 2022 karena banyak kesalahan yang mereka lakukan, ditambah Hoki/Kobayashi yang tampil apik / PBSI

Bisnis.com, JAKARTA - Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto akhirnya harus puas keluar sebagai runner up di ajang bulu tangkis Malaysia Open 2022. Mereka harus mengakui keunggulan Takuro Hoki/Yugo Kobayashi asal Jepang lewat pertarungan rubber game, 24-22, 16-21, dan 21-9.

Dalam laga yang dihelat di Axiata Arena, Kuala Lumpur, Minggu (3/7/2022) sore, Fajar/Rian memulai laga dengan kurang baik. Mereka selalu tertinggal angka dari lawannya yang menempati unggulan kedua itu. Momentum hadir di akhir laga, Fajar/Rian bisa berbalik unggul 20-19 dan 21-20. Sayang, kesalahan sendiri membuat mereka gagal menyelesaikannya.

Di gim kedua, permainan Fajar/Rian membaik. Terus memimpin sejak awal, Fajar/Rian akhirnya merebut gim ini. Di gim ketiga, pasangan nomor tujuh dunia tidak berhasil mempertahankan pola permainan. Sementara sebaliknya, Hoki/Kobayashi begitu nyaman bermain.

"Alhamdulillah kami bisa menyelesaikan pertandingan dengan lancar walau hasilnya belum maksimal. Di gim pertama kami selalu tertinggal tapi kami terus berusaha mengejar, sayang tidak bisa menyelesaikan saat bisa ambil dua gim poin. Di gim kedua permainan kami membaik dan bisa menang. Di gim ketiga, start kami terlalu lambat, sementara mereka bisa langsung menemukan pola yang tepat," jelas Rian seusai laga, dikutip dari laman PB PBSI, Minggu (3/7/2022).

Mereka juga memuji permainan ganda putra Jepang tersebut yang sangat kompak serta memiliki power. Sebaliknya, Fajar/Rian mengaku tidak tampil maksimal di laga kali ini karena banyak melakukan kesalahan yang tidak perlu.

"Kami tidak tampil maksimal hari ini, banyak melakukan kesalahan sendiri yang tidak perlu. Kuncinya mungkin tadi di gim pertama, sayang kami kurang berani saat dapat dua gim poin itu," ujar Fajar.

Rian menambahkan, stamina yang sudah menurun ditengarai memengaruhi performa dan fokus mereka.  Namun, mereka tidak mau menjadikan hal itu sebuah alasan. 

"Stamina kami memang sudah menurun, tapi itu bukan alasan karena lawan juga pasti merasakan. Lebih ke kurang fokusnya saja," imbuh Rian.

Menjadi finalis di Negeri Jiran ini merupakan hasil runner up ketiga dari lima final yang dijalani Fajar/Rian di sepanjang 2022. Sebelumnya, mereka juga menjadi runner up di Thailand Open dan Korea Open. Sementara itu, gelar juara diraih di Swiss Open dan Daihatsu Indonesia Masters.

Tidak banyak waktu bagi Fajar/Rian untuk menatap turnamen selanjutnya. Mereka sudah ditunggu Malaysia Masters 2 hari mendatang. Pemulihan kondisi tubuh menjadi prioritas mereka sekarang.

"Kami harus benar-benar pintar memulihkan kondisi karena kalau dibilang, badannya sudah remuk istilahnya. Jadi harus pintar dari segi pola makan, istirahat, dan vitamin," tutur Fajar.

Meskipun demikian, Fajar/Rian optimistis bisa menjadi juara di kejuaran tersebut dengan melakukan evaluasi terhadap performa di pertandingan-pertandingan sebelumnya.

Berikut ini adalah rangkuman hasil final Malaysia Open 2022:

Tunggal Putra:

Viktor Axelsen (1/Denmark) vs Kento Momota (2/Jepang), 21-4, 21-7

Tunggal Putri:

Ratchanok Intanon (8/Thailand) vs Chen Yu Fei (4/China), 21-15, 13-21, 21-16 

Ganda Putra:

Takuro Hoki/Yugo Kobayashi (2/Jepang) vs Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (6/Indonesia), 24-22, 16-21, 21-9

Ganda Putri:

Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti (Indonesia) vs Zhang Shu Xian/Zheng Yu (China), 21-18, 12-21, 21-19

Ganda Campuran:

Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong (2/China) vs Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai (1/Thailand), 21-13, 21-18

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper