Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kenangan Manis dari Ma'ruf Amin Bersama Tjahjo Kumolo

Wapres Ma'ruf Amin mengatakan bahwa Tjahjo Kumolo tetap bekerja meskipun dalam kondisi sakit.
Menteri PanRB Tjahjo Kumolo telah meninggal dunia pada Jumat (1/7/2022), karena infeksi paru-paru.ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Menteri PanRB Tjahjo Kumolo telah meninggal dunia pada Jumat (1/7/2022), karena infeksi paru-paru.ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Bisnis.com, JAKARTA - Wapres Ma'ruf Amin mengenang Tjahjo Kumolo sebagai sosok yang rajin karena kerap membuat laporan dalam bentuk buku. Semasa hidup, Tjahjo juga sering berkonsultasi kepadanya.

Tjahjo Kumolo juga melakukan hal serupa kala  Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar rapat kabinet. Menpan RB memberikan laporan dalam bentuk buku untuk Kepala Negara dan Ma'ruf Amin

"Setiap sidang kabinet ada buku beri ke saya ke Pak Jokowi. Jadi laporannya dibuat dalam bentuk buku, ada segini beberapa kali, jadi beliau bekerja," kata Wapres.

 Ma'ruf Amin mengungkapkan dukacita yang mendalam atas kepergian Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo, Jumat (1/7/2022). Dia mengenang politikus PDIP tersebut adalah sosok yang baik. 

"Kita kehilangan orang baik, orang yang selama ini mengabdi pada bangsa dan negara," kata Ma'ruf Amin.

Tidak hanya sampai disitu, Wapres juga mengatakan bahwa Tjahjo Kumolo tetap bekerja meskipun dalam kondisi sakit. Beberapa waktu lalu, pria yang pernah menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri (Mendagri) itu mengadakan rapat koordinasi untuk mempercepat Mal Pelayanan Publik (MPP). 

"Beliau dalam keadaan sudah agak sakit tapi menyelenggarakan pertemuan untuk koordinasi antar Kementerian, Lembaga, Gubernur dan Walikota dalam rangka mempercepat Mal Pelayanan Publik," kata Ma'ruf Amin. 

Ma'ruf Amin pun menilai Tjahjo Kumolo sebagai orang yang telah berjasa dalam reformasi birokrasi dan melakukan perubahan besar dalam sistem Pemerintahan. Terlebih dedikasinya dalam membantu Presiden selama menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri (Mendagri) dan Menpan RB. 

Namun, Allah menghendaki usia Tjahjo Kumolo sampai disini. Ma'ruf Amin mengajak masyarakat Indonesia mendoakannya agar diterima Allah SWT. 

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo meninggal dunia usai menjalani perawatan intensif di RS Abdi Waluyo, Jakarta Pusat, Jumat (1/7/2022). Dia menghembuskan napas terakhirnya setelah berjuang melawan infeksi paru-paru yang dideritanya. 

Kabar meninggalnya Tjahjo Kumolo sempat diungkapkan Mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli di Twitter. 

"Innalillahi wa innailaihi rajiun. Telah meninggal dunia Mas Tjahjo Kumolo jam 11.10 MenPAN RB di RS Abdi Waluyo. Semoga Almarhum husnul khotimah. Aamiin YRA,” cuit Rizal Ramli, dikutip Jumat (1/7/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper