Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kilas Politik: AHY Sowan Surya Paloh, SBY Ketemu JK, Hasil Rakernas PDIP

Tiga momen politik terjadi sepanjang hari kemarin yang paling mencolok adalah pertemuan SBY dan Jusuf Kalla, AHY sowan Surya Paloh dan penutupan rakernas PDIP.
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) saat mengunjungi NasDem Tower, Jakarta Pusat, Kamis (23/6/2022)./JIBI-Pernita Hestin Untari
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) saat mengunjungi NasDem Tower, Jakarta Pusat, Kamis (23/6/2022)./JIBI-Pernita Hestin Untari

Bisnis.com, JAKARTA -- Tensi politik kian panas. Sejumlah elite dan partai politik semakin rajin membangun komunikasi. Ada yang melobi untuk koalisi atau sekadar melakukan eksperimen politik.

Kemarin, salah satu peristiwa politik yang menjadi perhatian khalayak adalah pertemuan antara Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono dan Ketua Umum Partai Nasional Demokrat (NasDem) Surya Paloh.

Pertemuan yang sudah berlangsung ketiga kalinya tersebut sempat memunculkan analisa soal peluang koalisi antara Demokrat dan Partai NasDem.

Apalagi Ketua Umum Partai Nasional Demokrat (NasDem) Surya Paloh mengungkap bahwa potensi koalisi dengan Partai Demokrat cukup besar.

Kendati demikian, Surya Paloh menegaskan belum ada kesepakatan terkait koalisi untuk saat ini. 

"Jadi koalisi itu belum tercapai. Belum ada itu. Mencoba melihat-lihat, mendengarkan pikiran-pikirannya, termasuk kita juga tidak  membahas masalah pemilu-pemilu yang ada dalam negeri kita," katanya menambahkan. 

Surya Paloh mengatakan bahwa dirinya dan AHY justru membahas terkait kondisi global saat ini. Seperti masalah resesi yang mungkin juga berimbas pada masalah di dalam negeri. 

Senada, AHY  juga mengatakan belum ingin buru-buru untuk membicarakan koalisi setelah berkunjung ke Nasdem Tower. Dia mengikuti arahan Ketua Umum NasDem terkait hal tersebut. 

"Saya rasa kita ingin meyakinkan terlebih dahulu. Kalau Beliau (Surya Paloh) mengatakan buat apa buru-buru, kemudian buru-buru bubar juga. Lebih baik kita enjoy the proses," katanya.

Romantisme SBY-JK

Sementara itu, mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) bertemu di Cikeas, Jawa Barat.

Hal tersebut diketahui dari akun twitter Wasekjen Partai Demokrat, Ossy Dermawan @OssyDermawan. Ossy menyebut keduanya bertemu sekitar pukul 09.45 WIB.

"Hari ini, 23 Juni 2022 Pkl. 09.45 WIB, mantan Wapres Bapak Jusuf Kalla bertemu dengan Bapak SBY di Cikeas. Pertemuan di antara dua sahabat tersebut berlangsung dalam suasana yang penuh keakraban, sambil mengenang kebersamaan masa lalu ketika sedang mengemban amanah rakyat," tulis Ossy di akun twitter-nya, dikutip Kamis (23/6/2022).

Dalam video yang diunggah Ossy di akun twitter-nya itu, terlihat mantan pasangan presiden dan wakil presiden itu akrab berbincang di dalam ruangan yang dipenuhi lukisan karya SBY. Terlihat SBY berbincang kepada JK soal lukisan-lukisan hasil karyanya.

SBY juga berbicara soal kegiatannya yang sesekali menulis di media sosial. "Sekali-sekali saya kasih nasihat, atau mereka meminta pandangan saya sampaikan," kata SBY dalam video tersebut.

Ossy menyebut SBY dan JK saling bertukar pikiran soal masa depan bangsa dan negara. Keduanya, kata Ossy masih terpanggil untuk memikirkan Indonesia kedepan meski sudah lagi tak terlibat dalam politik.

"Dalam pertemuan tersebut juga dilakukan tukar menukar pikiran dan pandangan menyangkut masa depan bangsa & negara kita. Meskipun keduanya tidak lagi aktif dlm kegiatan politik sehari-hari, namun masih terpanggil utk ikut memikirkan jalan menuju Indonesia yg lebih baik dan lebih sejahtera," tulis Ossy.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman Selanjutnya
Ganjar Ditelanjangi PDIP
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper