Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kriteria PKS Tentukan Capres dan Koalisi di Pemilu 2024

Rapimnas PKS akan lebih mengerucutkan persiapan dalam menjajaki koalisi Pilpres termasuk persiapan Pemilihan Anggota Legislatif 2024.
Presiden PKS Ahmad Syaikhu/PKS
Presiden PKS Ahmad Syaikhu/PKS

Bisnis.com, JAKARTA - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) akan menggelar Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) untuk membicarakan arah koalisi dan penentuan calon presiden untuk Pilpres 2024.

Ketua DPP PKS Bidang Humas Ahmad Mabruri mengatakan bahwa dalam rapimnas itu PKS akan menentukan kriteria calon presiden dan kriteria calon mitra koalisi. PKS, menurutnya, dengan kesamaan pandangan dalam menjalin koalisi akan dibangun sebuah jalinan koalisi yang jauh lebih kuat.

"Bisa saja capres-cawapres yang diusung koalisi yang nanti diikuti PKS kriterianya menyesuaikan dengan visi koalisi yang terbangun. PKS masih terbuka dengan semua kemungkinan termasuk dengan semua partai politik dalam menentukan mitra koalisi," sebut Mabruri dilansir dari laman resmi PKS, Senin (20/6/2022).

Adapun Rapimnas PKS akan lebih mengerucutkan persiapan PKS dalam menjajaki koalisi Pilpres termasuk persiapan Pemilihan Anggota Legislatif 2024.

Mabruri memaparkan di PKS penentuan capres ada di Majelis Syuro sehingga untuk Rapimnas pihaknya menyiapkan langkah-langkah teknis menuju persiapan koalisi.

"Dalam sistem demokrasi kita, capres yang akan maju tetap harus melalui partai politik sehingga PKS bersiap berkomunikasi lebih serius untuk penjajakan koalisi," ungkap Mabruri.

"Posisi PKS harus koalisi sehingga setelah Milad 20 PKS yang lalu kita cukup intens menjalin komunikasi dengan beberapa partai. Rapimnas PKS juga akan membahas persiapan menuju ke sana."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Edi Suwiknyo
Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper