Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ketua KOI: Doa dan Harapan Presiden Bikin Semangat Juang Atlet Naik Tiga Kali Lipat

Doa dan harapan Presiden membuat semangat juang atlet naik. Penerapan mekanisme baru dalam pengiriman kontingen diharapkan bisa meningkatkan prestasi.
Presiden Jokowi berfoto bersama para atlet dan official Sea Games ke-31 Vietnam / Aprianus Doni Tolok
Presiden Jokowi berfoto bersama para atlet dan official Sea Games ke-31 Vietnam / Aprianus Doni Tolok

Bisnis.com, JAKARTA - Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari menyampaikan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak pernah menargetkan apapun di Sea Games ke-31 Vietnam, tetapi hanya mendoakan dan berharap para atlet dapat berjuang sekuat tenaga memberikan yang terbaik.

"Sebetulnya ini yang paling bermakna buat kami semua, kalau didoain dan diharapkan oleh Presiden semangat juangnya anak-anak [atlet] bisa dua tiga kali lipat lebih besar dan alhamdullilah dari kontingen yang dikirim kita mendapatkan hasil yang maksimal dan sesuai dengan harapaan Presiden," katanya di Jakarta, Senin (13/6/2022).

Sementara itu, terkait dengan parameter baru dalam pengiriman atlet oleh Kementerian Pemuda dan Olah Raga (Kemenpora) yakni yang semula berorientasi pada kuantitas menjadi kualitas, Raja mengaku menemui beberapa tantangan.

Menurutnya, salah satu tantangan terbesar adalah komunikasi yaitu mensosialisasikan mekanisme tersebut kepada para pemangku kepentingan.

Pasalnya, kata Raja, tidak semua atlet bisa dikirim ke Sea Games Vietnam karena ada proses seleksi dimana hanya atlet dengan kans terbesar menyabet medali yang dipilih untuk dikirim ke ajang tersebut.

"Supaya dipahami, siapapun yang dikirim itu menggunakan uang negara, uang rakyat, sehingga semuanya harus bertanggung jawab," katanya.

Raja menambahkan, mekanisme baru tersebut bisa konsisten diterapkan di tiga helatan olah raga internasional selanjutnya yaitu Islamic Solidarity Games pada Agustus 2022, Sea Games ke-32 di Kamboja pada Mei 2023, dan Asian Games pada September 2023.

"Ada waktu mempersiapkan. Kita akan bangun komunikasi dengan semua cabor yang ingin berangkat harus memastikan atletnya mendapatkan medali," katanya.

Lebih lanjut, Menpora Zainudin Amali mengungkapkan bahwa target besar ajang olah raga berskala internasional adalah mendulang banyak medali di olimpiade.

Menurutnya, para atlet harus benar-benar disiapkan sehingga yang nantinya dikirim bisa dipastikan membawa pulang medali.

"Pada 100 tahun Indonesia merdeka yaitu 2045, tepatnya pada Olimpiade 2044 kita bermimpi Indonesia masuk dalam peringkat 5 besar dunia," ujarnhya 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper