Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menpora Ungkap Kunci Sukses Indonesia Raih Peringkat ke-3 di Sea Games Vietnam

Menpora mengungkapkan perubahan paradigma dalam pengiriman atlet ke Sea Games Vietnam menjadi salah satu kunci keberhasilan.
Menpora Zainudin Amali / Aprianus Doni Tolok
Menpora Zainudin Amali / Aprianus Doni Tolok

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olah Raga (Menpora) Zainudin Amali mengungkapkan perubahan paradigma pengiriman atlet di ajang olah raga internasional yaitu Sea Games, Asian Games, dan Olimpiade.

Menurutnya, perubahan paradigma itu menjadi salah satu kunci sukses Indonesia di Sea Games ke-31 Vietnam. 

"Sea Games ke-31 di Vietnam telah menorehkan catatan penting yang bisa kita jadikan dasar penentuan kebijaka olah raga prestasi nasional khususnya dalam penentuan parameter pengiriman kontingen dalam keikutsertaan Indonesia di multievent Sea Games, Asian Games, dan Olimpiade," katanya di Istana Negara Jakarta, Senin (13/6/2022).

Menurutnya, di Sea Games ini pihaknya mengubah paradigma pengiriman kontigen yang semula berorientasi kepada kuantitas, yakni berusaha mengirimkan kontingen untuk mengisi seluruh cabang olah raga yang dipertandingkan, menjadi orientasi kepada kualitas.

"Hanya atlet yang benar-benar bisa diprediksikan dapat menyumbangkan medali yang dikirim serta yang dipersiapkan untuk mengikuti jenjang multievent dengan tingkatan lebih tinggi dan kompetitif yakni Asian Games dan Olimpiade," imbuhnya.

Menpora menambahkan, pihaknya mulai mengimplementasikan desain besar olah raga nasional dengan dasar Perpres Nomor 86/2021 sekaligus menjadi jawaban terhadap arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang meminta reviu total ekosistem pembinaan prestasi olah raga nasional.

Zainudin melaporkan kepada Kepala Negara bahwa pada Sea Games Vietnam, Indonesia memberangkatkan 499 orang atau berkurang 40,67 persen jika dibandingkan dengan Sea Games ke-30 di Filipina yaitu 841 atlet.

Kemudian, kontingen Merah Putih berhasil membawa pulang medali 20,56 persen lebih banyak atau menjadi 80,96 persen jika dibandingkan helatan serupa sebelumnya yang hanya mencapai 60,40 persen.

"Persentase atlet yang tidak memperoleh medali menurun yakni 17,4 persen dibandingkan Sea Games ke-30 yakni 39,60 persen," katanya.

Kemudian, Indonesia berhasil menduduki peringkat ke-3 pada Sea Games Vietnam dari sebelumnya peringkat ke-4 pada Sea Games sebelumnya.

Terakhir, kontingen Indonesia berhasil membawa pulang 241 medali yang terdiri atas 69 emas, 92 perak, dan 80 perunggu di Sea Games Vietnam.

"Berdasarkan catatan itu, kita akan konsisten menerapkan cara penyeleksian seperti yang dilakukan di Sea Games ke-31 ini berdasarkan panduan Desain Besar Olah Raga Nasional atau DBON, yang dipayungi Perpres No.86/2021 yakni berdasarkan rekomendasi dari tim reviu," pungkas Menpora.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper