Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemakaman Emmeril Khan Mumtadz: 150 Personel Gabungan akan Diterjunkan

Pemakaman Emmeril Khan Mumtadz pada Senin rencananya kan dikawal 150 personel gabungan.
Pemakaman Emmeril Khan Mumtadz rencananya akan dikawal 150 personel gabungan pada Senin./Instagram @emmerilkahn
Pemakaman Emmeril Khan Mumtadz rencananya akan dikawal 150 personel gabungan pada Senin./Instagram @emmerilkahn

Bisnis.com, JAKARTA - Pemakaman Emmeril Khan Mumtadz atau Eril rencananya akan dikawal sebanyak 150 aparat gabungan di Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, pada Senin, 13 Juni 2022.

Jenazah Eril akan mendapatkan pengawalan sejak berangkat dari rumah dinas Gubernur Jawa Barat, Ridwal Kamil, Gedung Pakuan, pada pukul 09.00 WIB.

"Jumlah personelnya ada 150, itu personel gabungan mulai dari kepolisian, Satpol PP, hingga dinas perhubungan," kata Kapolresta Bandung Kombes Pol Kusworo Wibowo di Bandung, Jawa Barat, Sabtu (11/6/2022).

Kusworo mengatakan pengamanan itu dilakukan guna memastikan ketertiban proses pemakaman, serta lalu lintas dari rumah duka menuju ke lokasi makam.

Selain di lokasi pemakaman, menurutnya seratusan personel itu bakal disebar di berbagai perempatan hingga pertigaan di sepanjang perjalanan menuju ke kawasan Cimaung.

Adapun lokasi pemakaman berada di Jalan Raya Banjaran-Pangalengan, atau berjarak sekitar 30 kilometer jika menggunakan Jalan Tol Soreang-Pasirkoja (Soroja) dari  Gedung Pakuan.

"Kami mengimbau masyarakat dalam pelaksanaan kegiatan tertib, tetap menjaga keselamatan diri masing-masing, dan jaga protokol kesehatan," kata Kusworo.

Sebelumnya pihak kepolisian pun telah mengecek lokasi pemakaman pada Jumat kemarin, 10 Juni 2022. Adapun lokasi pemakaman merupakan lahan keluarga besar Ridwan Kamil yang direncanakan bakal dibangun Islamic Center sejak tahun 2019.

Ridwan Kamil telah membawa pulang jenazah Eril dari Swiss. Mereka terbang dari Bandara Internasional Zurich, pada Sabtu, 11 Juni 2022, sekitar pukul 10.00 waktu setempat.

Mereka dijadwalkan tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang pada Ahad, 12 Juni 2022. Dari sana, mereka akan menempuh perjalanan darat menuju Bandung untuk disemayamkan di Gedung Pakuan.

Juru bicara keluarga Ridwan Kamil, Erwin Muniruzaman, menyatakan masyarakat akan diperbolehkan mendoakan pemuda yang bernama panjang Emmeril Kahn Mumtadz itu secara langsung. Mereka akan membuka akses Gedung Pakuan pada Ahad malam sejak pukul 23.00 hingga Ahad pagi pukul 08.00 WIB.

Erwin juga menyatakan bahwa pemakaman akan diprioritaskan untuk keluarga. Dia meminta masyarakat untuk tak ikut menuju lokasi pemakaman.

“Untuk acara pemakaman mengingat keterbatasan situasi dan kondisi di lokasi pemakaman, kami memfokuskan acara pemakaman ini utamanya pada pihak keluarga. Sehingga kami mohon maaf apabila berkenan untuk yang sudah menyampaikan doa di Gedung Pakuan itu tidak perlu ke pemakaman,” kata Erwin yang merupakan kakak kandung Ridwan Kamil dalam konperensi pers bersama Kedutaan Besar Republik Indonesia untuk Swiss, Sabtu, 11 Juni 2022.

Emmeril Kahn Mumtadz meninggal setelah hanyut di Sungai Aare, Bern, Swiss, pada Kamis, 26 Mei 2022. Proses pencarian Eril memakan waktu sekitar dua pekan sebelum akhirnya ditemukan di Bendungan Engehalde, sekitar 6 kilometer dari titik dia dinyatakan hanyut, oleh seorang guru SD yang sedang melintas pada Rabu pagi, 8 Juni 2022.

Polisi Bern memastikan jenazah itu adalah Eril setelah melakukan tes DNA di hari yang sama. Ridwan Kamil lantas terbang ke Swiss pada Kamis pagi, 9 Juni 2022.

Ridwan Kamil menyatakan pemakaman Eril akan dilakukan di komplek keluarganya di Cimaung, Kabupaten Bandung. Dia berencana membangun sebuah masjid di pemakaman itu yang bernama Masjid Al Mumtadz.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antaranews
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper