Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pemkot Surakarta dan KBRI Kenalkan Budaya Indonesia di Acara Java in Paris

Tak hanya kenalkan ratusan produk UMKM lokal, acara Java in Paris juga dimeriahkan dengan pertunjukan kebudayaan khas Indonesia.
Restu Wahyuning Asih
Restu Wahyuning Asih - Bisnis.com 09 Juni 2022  |  15:47 WIB
Pemkot Surakarta dan KBRI Kenalkan Budaya Indonesia di Acara Java in Paris
Anggun C. Sasmi menyinden di jalan Rue de Rivoli yang ditutup selama 45 menit untuk menampilkan pertunjukan kebudayaan tradisional asal tanahair. Orkestra Gamelan dan 28 penari asal kota Solo, Jawa Tengah, memeriahkan - istimewa

Bisnis.com, SOLO - Gelaran acara 'Shopee Java in Paris' resmi dilaksanakan mulai 8 Juni hingga 17 Juni 2022.

'Java in Paris' ini digelar oleh Pemerintah Kota Surakarta, Kedutaan Besar Republik Indonesia di Paris, dan Le BHV Marais Paris untuk membawa ratusan jenis produk UMKM lokal.

Selain mempromosikan produk UMKM Indonesia, Pemkot Surakarta juga turut memperkenalkan kebudayaan dan kesenian Indonesia.

Dalam opening ceremony Java in Paris, dihadirkan pertunjukan seni dan budaya Indonesia yang digelar di sepanjang jalan Rue de Rivoli di depan Le BHV Marais, Paris, Prancis, pada 8 Juni 2022.

Adapun pertunjukan yang disajikan yakni Gamelan, Wayang, dan Tari, yang akan ditampilkan oleh para pekerja seni dan budaya asal kota Solo, dengan arahan dari Koreografer Eko Supriyanto (Eko Pece). Selain itu, Anggun C. Sasmi juga ikut memeriahkan acara Java in Paris dengan menampilkan lagu-lagu andalannya.

Kemudian, Java in Paris juga memperkenalkan ragam kegiatan budaya selama satu bulan. Beberapa acara yang bisa diikuti oleh para pengunjung BHV Marais termasuk workshop membatik, tari Bali, seni beladiri pencak silat, serta acara mencicipi teh dan kopi khas
Indonesia dan penampilan musik Indonesia. Acara-acara ini diadakan setiap hari Sabtu mulai 11 Juni hingga 2 Juli di Le BHV Marais.

Sebelumnya, Gibran Rakabuming Raka bertemu dengan Secretaire General LVMH, Marc Antoine Jamet di Paris, Prancis.

Seperti diketahui, LVMH merupakan salah sebuah grup yang menaungi merek barang mewah asal Paris seperti Louis Vuitton, Dior, Sephora, Tiffany & Co., Fendi, dan lainnya.

Dalam pertemuan tersebut, Gibran mempromosikan batik, yang merupakan produk lokal Indonesia. Wali Kota Solo itu berada di Paris untuk menghadiri pembukaan program “Java in Paris” pada Rabu (8/6/2022) malam.

Gibran dan Marc berdiskusi terkait potensi kolaborasi antara pengrajin batik di Solo dengan rumah mode ternama tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

umkm fesyen batik anggun c sasmi paris pemkot solo shopee
Editor : Restu Wahyuning Asih

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top