Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Presiden Ukraina Zelensky Akan Sapa Warga Indonesia Hari Ini!

Pesiden Zelensky rencananya akan menyapa sebagian warga negara Indonesia pada hari ini.
Edi Suwiknyo
Edi Suwiknyo - Bisnis.com 27 Mei 2022  |  07:54 WIB
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky memberikan keterangan melalui video yang diunggah di Facebook
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky memberikan keterangan melalui video yang diunggah di Facebook

Bisnis.com, JAKARTA -- Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky akan berbicara dengan publik Indonesia dalam forum “Dari Hati-ke-Hati: Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy Menyapa Indonesia" yang akan berlangsung hari ini.

Acara ini diprakarsai oleh Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI) dan dilangsungkan secara daring. FPCI adalah komunitas hubungan internasional terbesar di Indonesia dan di Asia Tenggara. 

Pendiri dan Ketua FPCI Dino Patti Djalal mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan pertama kalinya bagi Zelenskyy menyapa langsung dan secara live masyarakat Indonesia dan Asia Tenggara di tengah perang yang berkecamuk antara Rusia dan Ukraina.

Dia menambahkan bahwa perang di Ukraina adalah perang yang paling dahsyat di muka bumi sekarang ini. 

"Dalam suasana adu propaganda yang sengit, publik di Indonesia perlu dengan jelas mengetahui realitas peperangan dan tragedi kemanusiaan yang tengah terjadi di Ukraina," katanya dalam siaran resmi, Jumat (27/5/2022).

“Public forum penting karena pertama kalinya Presiden Zelenskyy melakukan outreach di luar lingkaran Eropa dan Amerika.”

Dino Patti Djalal berharap agar sambutan Presiden Zelenskyy tidak hanya menarik perhatian warga Indonesia tetapi juga dapat didengar oleh masyarakat Asia Tenggara bahkan negara-negara Asia lainnya.

“Perang ini memang terjadi di Eropa, namun dampak sistemiknya baik secara strategis, politik dan ekonomi dirasakan di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Tata dunia (word order) sedang mengalami guncangan berat akibat dari invasi Rusia ke Ukraina ini, apalagi mengingat konflik ini tidak akan berakhir dalam waktu dekat," imbuhnya.

Dino mengakui bahwa perang di Ukraina memang menimbulkan pro-kontra di tanah air. Namun publik Indonesia sangat perlu menyadari bahwa invasi Rusia terhadap Ukraina ini berkaitan langsung dengan prinsip-prinsip yang sakral bagi Indonesia kemerdekaan, kedaulatan, persatuan nasional, intervensi luar, kemanusiaan dan demokrasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Ukraina Perang Rusia Ukraina Volodymyr Zelensky
Editor : Edi Suwiknyo

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

To top