Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Perang Rusia vs Ukraina Hari ke-86: Zelensky Sebut Kondisi Wilayah Donbas Hancur Seperti Neraka

Kementerian Luar Negeri Rusia mempertimbangkan untuk membuka akses ke pelabuhan Laut Hitam Ukraina dengan syarat penghapusan sanksi terhadap Rusia.
Anshary Madya Sukma
Anshary Madya Sukma - Bisnis.com 20 Mei 2022  |  16:08 WIB
Anggota Pasukan Pertahanan Teritorial Ukraina berpartisipasi dalam latihan di bekas pabrik aspal di pinggiran Kyiv, Ukraina, Sabtu (19/2/2022). - Bloomberg/Ethan Swope
Anggota Pasukan Pertahanan Teritorial Ukraina berpartisipasi dalam latihan di bekas pabrik aspal di pinggiran Kyiv, Ukraina, Sabtu (19/2/2022). - Bloomberg/Ethan Swope

Bisnis.com, JAKARTA - Konflik Rusia vs Ukraina sudah memasuki hari ke-86 sejak awal invasi. Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky mengatakan bahwa saat ini situasi di Donbas benar-benar hancur.

Zelensky juga mengatakan situasi tersebut seperti neraka, karena melihat pemboman, penembakan, serangan udara dan rudal dari tentara Rusia yang membumihanguskan wilayah Donbas.

Selain hal itu, berikut beberapa update rangkuman konflik Rusia vs Ukraina hari ke-86 yang dirangkum The Guardian pada Jumat (20/5/2022), sebagai berikut :

Izin Akses Pelabuhan Laut Hitam Ukraina Dipertimbangkan

Kementerian Luar Negeri Rusia mengatakan akan mempertimbangkan untuk membuka akses ke pelabuhan Laut Hitam Ukraina dengan syarat penghapusan sanksi terhadap Rusia juga dipertimbangkan. Pernyataan tersebut muncul setelah kepala pangan PBB, David Beasley, memohon kepada Presiden Rusia Vladimir Putin, dengan mengatakan bahwa jutaan orang akan mati karena blokade pelabuhan oleh Rusia.

Bantuan US$40 Miliar Untuk Ukraina Sudah Disepakati

Kongres AS telah menyetujui $40 miliar dalam bentuk bantuan militer dan kemanusiaan ke Ukraina. Disisi lain, Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken mengatakan bahwa AS juga telah mengizinkan pengiriman senjata dan peralatan senilai $100 juta dari saham Pentagon ke Ukraina.

Podolyak Mengatakan Rusia Tidak Akan Berhenti Menyerang

Penasihat utama presiden Ukraina Mykhailo Podolyak, mengatakan gencatan senjata dengan Rusia tidak mungkin dilakukan tanpa penarikan total pasukan Rusia. Podolyak juga menambahkan saat ini Kyiv tidak tertarik pada "Minsk" baru, hal itu mengacu pada perjanjian Minsk pada 2015, yang ditengahi oleh Prancis dan Jerman untuk mengamankan gencatan senjata antara pemerintah Ukraina dan separatis yang didukung Rusia di timur Ukraina.

Kondisi Pabrik Baja Azovstal Saat Ini

Rusia mengatakan 771 tentara Ukraina telah "menyerah" di pabrik baja Azovstal yang dikepung, yang berarti total 1.730 tentara yang menyerah pada minggu ini. Sementara itu,  Komite Palang Merah Internasional mengatakan saat ini telah mendaftarkan tawanan perang Ukraina yang akan meninggalkan pabrik. 

Pengakuan Komandan Tank Rusia

Vadim Shishimarin, seorang komandan tank berusia 21 tahun telah meminta maaf kepada seorang janda Ukraina atas pembunuhan suaminya. Vadim akhirnya mengaku bersalah pada hari Rabu telah membunuh seorang warga sipil tak bersenjata berusia 62 tahun di desa Chupakhivka, Ukraina timur laut pada hari Rabu (28/2/2022). 

Senjata Laser Rusia Dianggap Penemuan Propaganda Nazi

Rusia menggunakan laser untuk menembak jatuh pesawat tak berawak di Ukraina telah memicu skeptisisme yang meluas, dengan adanya senjata tersebut memicu kemungkinan senjata bertenaga nuklir dapat dikerahkan di medan perang. Zelensky menggambarkannya sebagai "wunderwaffe" dan "senjata ajaib", lalu mengatakan hal itu merupakan penemuan propaganda Nazi.

Finlandia dan Swedia Sudah Memenuhi Syarat Bergabung Dengan NATO

Presiden AS, Joe Biden, mengatakan Finlandia dan Swedia suda memenuhi setiap persyaratan NATO dan saat ini kedua negara tersebut mendapat dukungan penuh dari AS. Hal itu dikatakan Biden saat berbicara pada konferensi pers di Gedung Putih dengan perdana menteri Swedia, Magdalena Andersson, dan Presiden Finlandia, Sauli Niinistö.

Masih Berhubungan Dengan Rusia, Mantan Kanselir Jerman Dicabut Dari Jabatannya

Mantan kanselir Jerman, Gerhard Schröder akan kehilangan beberapa hak jabatannya setelah gagal memutuskan hubungannya dengan perusahaan energi Rusia selama perang Ukraina, komite anggaran Bundestag telah memutuskan. Schröder yang merupakan kanselir dari tahun 1998 hingga 2005 akan dicopot dari jabatan dan stafnya.

Pemimpin Keuangan G7 Sepakat Gelontorkan Uang $18,4 Miliar Untuk Ukraina

Para pemimpin keuangan G7 telah menyetujui bantuan $18,4 miliar untuk membantu Ukraina, mereka juga mengatakan bahwa mereka siap untuk mendukung lebih banyak sesuai kebutuhan Ukraina. 

Pengusaha Lokal Rusia Membeli Semua Restoran Yang Ditinggalkan McDonald’s

McDonald's telah mencapai kesepakatan untuk menjual semua restorannya di Rusia kepada salah satu pemegang lisensi di negara tersebut, yaitu pengusaha lokal Alexander Govor dan ia akan mengoperasikannya dengan nama baru.

Govor ini merupakan pemegang lisensi McDonald’s sejak 2015 dan merupakan pendiri dari perusahaan Neftekhim Service di Rusia.

Satu Juta Lebih Pengungsi Sudah Kembali Ke Ukraina

Duta Besar Inggris Untuk Ukraina, Vadym Prystaiko mengatakan bahwa saat ini lebih dari satu juta pengungsi Ukraina telah kembali ke rumahnya masing masing. Dia juga menambahkan untuk daerah yang masih belum aman seperti Kyiv dan Kharkiv agar tidak kembali ke kota dalam waktu dekat, hal itu ia sampaikan kepada walikota kedua daerah tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Rusia Ukraina Perang Rusia Ukraina
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Banner E-paper
To top