Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Gembar-Gembor Wisata ke Garut, Pemudik: Macet Berjam-Jam

Jalur sejumlah objek wisata di Kabupaten Garut, Jawa Barat macet sampai berjam-jam karena meningkatnya volume kendaraan pada musim libur Hari Raya Lebaran.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 04 Mei 2022  |  21:27 WIB
Antrean kendaraan di jalur Limbangan-Malangbong, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Sabtu (30/4/2022). Pada H-2 Lebaran 2022, arus lalu lintas yang melintas di Jalur Selatan Jawa Barat terpantau padat sejak dini hari baik yang menuju Jawa Tengah maupun menuju Bandung-Jakarta. - Antara
Antrean kendaraan di jalur Limbangan-Malangbong, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Sabtu (30/4/2022). Pada H-2 Lebaran 2022, arus lalu lintas yang melintas di Jalur Selatan Jawa Barat terpantau padat sejak dini hari baik yang menuju Jawa Tengah maupun menuju Bandung-Jakarta. - Antara

Bisnis.com, GARUT - Jalur sejumlah objek wisata di Kabupaten Garut, Jawa Barat macet sampai berjam-jam karena meningkatnya volume kendaraan pada musim libur Hari Raya Lebaran, Rabu (4/5/2022).

Informasi yang dihimpun kepadatan arus lalu lintas kendaraan terjadi di kawasan Jalan Bandung-Garut kawasan Tarogong, kemudian di jalur menuju objek wisata Bagendit di Kecamatan Banyuresmi, dan juga di kawasan wisata pantai.

Kondisi macet di jalur wisata itu dikeluhkan sejumlah pengguna jalan seperti yang disampaikan Aceng (35) warga Garut mengaku terjebak kemacetan hampir lima jam di jalur wisata Situ Bagendit, Kecamatan Banyuresmi.

"Di Banyuresmi sudah lima jam, dari jam 1," katanya.

Menurut dia, jalur wisata di Kabupaten Garut belum siap menerima lonjakan kunjungan wisatawan pada musim libur panjang Hari Raya Lebaran.

Pemerintah daerah, menurutnya, seharusnya mempersiapkan berbagai hal kemungkinan terjadi di kawasan jalur utama tempat wisata, terutama mengantisipasi kemacetan kendaraan yang hendak menuju maupun pulang berwisata.

"Selama ini pemerintah menggembar-gemborkan berwisata ke Garut, tapi kondisi di daerah itu begini, macet," lanjutnya.

Humas Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Kabupaten Garut Deni Rinjani mengatakan, informasi yang dihimpun kondisi wisata di Kabupaten Garut lumayan ramai oleh wisatawan pada momentum libur Hari Raya Lebaran ini.

Menurut dia, lonjakan wisatawan ke Garut itu karena banyak masyarakat yang mengisi hari libur panjang dengan mengunjungi objek wisata setempat, setelah sekian lama tempat wisata dibatasi karena dampak pandemi Covid-19.

"Ini (ramai) diakibatkan level 1, dua tahun enggak berlibur," katanya.

Kepolisian Resor Garut telah bersiaga untuk melakukan pengamanan arus lalu lintas kendaraan dan langkah antisipasi mengatasi kepadatan arus kendaraan di semua jalur utama termasuk di jalur wisata.

Polres Garut juga telah menyiapkan personel gabungan, dan melakukan tindakan cepat untuk mengurai kemacetan dengan mengalihkan arus kendaraan ke jalur alternatif maupun memberlakukan sistem satu arah.

 

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

macet garut libur lebaran

Sumber : Antara

Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top