Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Wali Kota NYC Tampil Stylish Bernuansa Politis di Met Gala 2022

Wali Kota NYC Eric Adams menggunakan tuksedo bertuliskan “End Gun Violence”, pilihan busana bernuansa politis sebagai upaya mengatasi kekerasan bersenjata yang terjadi akhir-akhir ini.
Dewi Fadhilah Soemanagara
Dewi Fadhilah Soemanagara - Bisnis.com 03 Mei 2022  |  11:25 WIB
Wali Kota NYC Eric Adams Met Gala 2022 - Bloomberg
Wali Kota NYC Eric Adams Met Gala 2022 - Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA – Wali Kota New York City Amerika Serikat (NYC) Eric Adams menghadiri Met Gala 2022 menggunakan tuksedo stylish bernuansa politis.

Tuksedo yang dikenakan Eric Adams bertuliskan “End Gun Violence” atau ‘akhiri kekerasan bersenjata’. Tuksedo tersebut dirancang oleh Laolu Senbanjo, seorang pengacara asal Nigeria yang kini menjadi seniman berbasis di Brooklyn.

Desain tuksedo yang dikenakan Adams menampilkan ikon arsitektur menyerupai jembatan Brooklyn dan gedung Chrysler, dengan sentuhan logo MTA dan lingkaran kuning jalur subway N, disertai pistol besar dengan garis miring berwarna merah di atasnya.

Tuksedo yang menggambarkan jalur subway tersebut diakui Adams sebagai simbol mengakhiri kekerasan bersenjata. Desain tersebut juga merupakan pengingat terjadinya insiden penembakan massal di stasiun subway Brooklyn yang melukai 23 orang bulan lalu.

Menurut data Departemen Kepolisian New York, dalam 3 bulan pertama tahun ini setidaknya sudah ada 291 kasus penembakan di Brooklyn. Jumlah ini cukup meningkat dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya sejumlah 252 kasus.

“Tujuannya adalah untuk mengakhiri kekerasan senjata dan menyelamatkan anak-anak kita,” ujar Adams dikutip dari Bloomberg, Selasa (3/5/2022).

Tidak hanya sebagai ajang pamer gaya berbusana, Met Gala juga turut menjadi ajang aspirasi politik.

Pada 2019 misalnya, anggota kongres Demokrat progresif Alexandria Ocasio-Cortez sempat menjadi bahan pembicaraan tatkala ia mengenakan gaun putih ke Met Gala bertuliskan ‘tax the rich’ atau ‘pajak orang kaya’ dengan warna merah.

Tema Met Gala tahun ini, Gilded Glamour, turut memicu respon berbagai pihak termasuk Adams. Dia berpendapat Gilded Age atau masa keemasan merupakan periode gelap, mengingat banyak ketimpangan terjadi di era tersebut.

“Kita tidak dapat kembali ke periode itu karena kita berurusan dengan ketidaksetaraan pendapatan, seiring dengan populasi imigran (yang ada di Amerika Serikat). Kita harus menghadapi masalah yang sebenarnya,” imbuh Adams.

Adams tercatat sebagai Wali Kota NYC pertama yang mengkampanyekan keselamatan publik. Veteran NYPD tersebut bekerja sama dengan Presiden AS Joe Biden dalam memerangi kekerasan bersenjata.

Untuk diketahui, Met Gala merupakan acara tahunan yang diselenggarakan di Museum Seni Metropolitan New York yang dihadiri oleh selebriti, desainer, pemilik modal, hingga masyarakat yang bersedia membayar puluhan ribu dolar AS untuk tiket masuknya.

Pada 2021 lalu, Met Gala mengumpulkan dana setidaknya US$16,4 juta untuk Costume Institute yang dimiliki museum.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

amerika serikat new york fashion Met Gala
Editor : M. Nurhadi Pratomo

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top