Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Saat yang Lain Mudik pada Hari Raya Idulfitri 1443 H, Penghuni Lapas Belum Bisa Dibesuk secara Fisik

Kebijakan ini diberlakukan mengingat Indonesia masih menghadapi pandemi Covid-19. Pihak Lapas dan Rutan memfasilitasi pertemuan virtual antara warga binaan dan pengunjung.
Jaffry Prabu Prakoso
Jaffry Prabu Prakoso - Bisnis.com 02 Mei 2022  |  14:26 WIB
Petugas Lapas Narkotika Kelas IIA Jakarta menggeledah sejumlah warga binaan terkait dugaan jaringan narkoba yang dikendalikan dari dalam penjara, Selasa (23/2/2021). - Antara
Petugas Lapas Narkotika Kelas IIA Jakarta menggeledah sejumlah warga binaan terkait dugaan jaringan narkoba yang dikendalikan dari dalam penjara, Selasa (23/2/2021). - Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Meskipun pemerintah telah melonggarkan mobilitas, kunjungan terhadap penghuni rumah tahanan atau Rutan tetap tak dapat dilakukan secara tatap muka. Sebagai gantinya, pihak Rutan memfasilitasi kunjungan virtual. 

Koordinator Humas dan Protokol Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kemenkumham Rika Aprianti mengatakan bahwa pada lebaran tahun ini kunjungan rumah tahanan (Rutan), lembaga pemasyarakatan (Lapas), dan Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) belum bisa dilakukan tatap muka.

“Sampai saat ini besukan atau kunjungan masih dilakukan secara virtual karena memang kondisi Indonesia masih pandemi,” katanya melalui pesan instan kepada wartawan, Senin (2/5/2022).

Rika menjelaskan bahwa seluruh petugas di seluruh Indonesia telah menyediakan fasilitas kunjungan secara virtual secara gratis.

Meski begitu, pihak Lapas dan Rutan tetap membuka kesempatan kepada pihak keluarga yang ingin menitipkan barang atau makanan kepada warga binaan maupun tahanan.

“Tentunya sudah diperiksa dan tidak melanggar sesuai ketentuan untuk seluruh warga binaan dan juga tahanan,” jelasnya.

Untuk kunjungan virtual, Kemenkumham melakukan pengadaan laptop di berbagai lapas sejak Maret 2020 atau ketika Covid-19 pertama kali melanda Indonesia.

Harapannya, warga binaan masih dapat berkomunikasi dengan keluarga atau kerabat dekat meski tatap muka dibatasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

rutan lapas kemenkumham Mudik Lebaran lebaran idulfitri Covid-19
Editor : Kahfi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top