Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tim Gegana Muncul di Salat Id Idulfitri di Masjid Istiqlal, Ini Penyebabnya

Pasukan Gegana adalah bagian dari Polri yang tergabung dalam Brigade Mobil (brimob). Tim ini memiliki keahlian mengamankan bom.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 02 Mei 2022  |  09:50 WIB
Tim Gegana di sekitar Masjid Istiqlal untuk menjaga keamanan jemaah yang sedang salat id saat Idulfitri
Tim Gegana di sekitar Masjid Istiqlal untuk menjaga keamanan jemaah yang sedang salat id saat Idulfitri

Bisnis.com, JAKARTA - Tim Gegana dan Brimob berkeliaran dan mondar-mandir di sekitar halaman Masjid Istiqlal saat 1 Syawal, tepat Hari Raya Idulfitri.

Kenapa tim gegana dan Brimob muncul saat Salat Id di Hari Idulfitri? Apakah itu pasukan Gegana?

Indonesia memiliki kenangan pahit saat peristiwa hari besar umat Kristen. Peristiwa pemboman saat Natal menjadi masa-masa kelam, jemaah yang beribadah di gereja.

Kini, untuk menjaga keamanan dan keselamatan masyarakat, maka pemerintah menurunkan saat salat id. Adapun pasukan Gegana adalah bagian dari Polri yang tergabung dalam Brigade Mobil (brimob).

Kemampuan khusus yang dimiliki tim Gegana seperti anti-teror, penjinakan bom, intelijen, anti anarkis, dan penanganan KBR (Kimia, Biologi, Radioaktif).

Sebelumnya, Gegana telah mengukuhkan keberadaannya sebagai satuan khusus Polri mampu menangani tugas-tugas berkadar tinggi. Beberapa tugas yang telah berhasil dilaksanakan oleh satuan ini antara lain Konflik Aceh, Penangkapan teroris Poso, penjinakan bom, dan lain-lain.

Berdasarkan pantauan Bisnis.com, Senin (2/5/2022), kendaraan mobil terparkir padat di sekitar masjid Istiqlal. Bahkan area Katedral di samping masjid juga dimanfaatkan untuk tempat parkir motor akibat padatnya jumlah masyarakat yang melakukan salat Id di Masjid Istiqlal.

Padatnya masyarakat juga terpantau di halaman Masjid Istiqlal. Terlihat juga masyarakat salat di halaman masjid. Posko keamanan juga sudah disiagakan tepat di samping Masjid Istiqlal. Ditambah dengan personil dan petugas Brimob lalu lalang tak hanya Pintu masuk utama Masjid Istiqlal tetapi juga sekitarnya. Tim Gegana juga tak luput disiagakan.

Sebelumnya, Kementerian Agama memutuskan 1 Syawal 1443 Hijriah jatuh pada Senin 2 Mei. Keputusan itu diambil usai hilal atau bulan baru terlihat di sejumlah wilayah Indonesia hari ini.

Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar mengatakan rencananya salat Idulfitri dilakukan pada pukul 07.00 WIB. Selain itu, salat Id berjamaah juga akan dilakukan secara terbatas bagi 150.000 jemaah atau setara 75 persen dari kapasitas masjid.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

brimob salat id masjid istiqlal
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top