Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

KAI: Tiket Mudik Setelah Lebaran 4-7 Mei Masih Tersedia

Ketua Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa memberikan alternatif bagi pemudik yang kehabisan tiket KA Lebaran 2022.
Pernita Hestin Untari
Pernita Hestin Untari - Bisnis.com 01 Mei 2022  |  15:12 WIB
Ilustrasi - Antara/Siswowidodo.\r\n
Ilustrasi - Antara/Siswowidodo.\\r\\n

Bisnis.com, JAKARTA - Ketua Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa memberikan alternatif bagi pemudik yang kehabisan tiket KA Lebaran 2022. Menurutnya pemudik masih bisa memilih tanggal keberangkatan pada 4-7 Mei 2022.

Pasalnya tiket pada tanggal tersebut masih cukup tersedia meskipun jumlah pemesanan terus meningkat. Pada 4 April 2022 misalnya, jumlah tiket yang terjual sudah mencapai 80 persen dari total ketersediaan tempat duduk, sehingga masih ada 20 persen lagi yang tersedia.

"Bagi calon pengguna yang ingin mudik dan belum mendapatkan tiket atau baru akan memesan tiket setelah hari Lebaran dapat memilih tanggal alternatif seperti tanggal 4 sampai 7 Mei 2022," kata Eva dalam keterangan resminya, Minggu (1/5/2022).

"KAI Daop Jakarta mengajak masyarakat yang akan mudik menggunakan jasa KA setelah lebaran agar dapat segera melakukan pemesanan dan merencanakan perjalanan dengan baik," imbuhnya.

Masa Angkutan Lebaran untuk perjalanan KA telah ditetapkan pada 22 April sampai 13 Mei 2022. Pada periode tersebut, dari area Daop 1 Jakarta terdapat sekitar 62 perjalanan KA Jarak Jauh per hari, dengan kapasitas tempat duduk yang disediakan rata-rata 36.400 per hari yakni 16.400 Gambir dan Pasar Senen. 20.000.

Sesuai aturan dari pemerintah, kapasitas yang ditetapkan untuk KA Jarak Jauh yaitu 100 persen. Data 1 Mei 2022, sebanyak 388.500 tiket terjual untuk keberangkatan periode 22 April sampai 3 Mei 2022.

Tercatat puncak kepadatan volume penumpang keberangkatan Stasiun Gambir dan Pasar Senen terjadi mulai tanggal 27 April sampai 1Mei 2022. Pada kurun waktu tersebut, okupansi penumpang Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) yang berangkat dari area Daop 1 Jakarta mencapai 100 persen.

Adapun relasi yang banyak dipilih pengguna diantaranya tujuan Yogyakarta, Solo, Kutoarjo, Purwokerto, Kebumen, Semarang, Surabaya, Malang, Cirebon, dan Bandung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kereta api tiket kereta api Mudik Lebaran
Editor : Andhika Anggoro Wening

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top